Jumat, 14 Sep 2018 09:20 WIB

Penasaran Seperti Apa Mobil di Masa Depan? Toyota Punya Jawabannya

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Susumu Matsuda dan robot medis Toyota (Foto: Toyota) Susumu Matsuda dan robot medis Toyota (Foto: Toyota)
Singapura - Orang menggunakan mobil sebagai alat transportasi untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Teknologi yang baru akan mengubah wajah mobil yang selama ini kita kenal. Bagaimana bayangan mobil di masa depan menurut Toyota?

Mobil di masa depan menurut bayangan Toyota adalah tak hanya mobil yang dikendarai oleh manusia, tapi juga juga mobil yang memberikan solusi mobilitas buat penggunanya, mulai dari mengantar orang atau sekadar menjadi pengantar makanan secara otonom, tak perlu lagi menyetir kendaraan.



Toyota akan mendemonstrasikan mobil masa depannya itu selama Olimpiade Tokyo. Toyota yang merupakan sponsor dari Olimpiade Tokyo 2020 sudah menyiapkan sejumlah kendaraan untuk menyongsong Olimpade dan juga masa depan.

Dimulai dari mobil Toyota Concept-i. Mobil ini bisa mengenali pengendaranya secara emosional dan ngobrol bareng sopir menggunakan kecerdasan buatan. Dalam video yang ditampilkan Toyota, terlihat seorang pria bisa ngobrol dengan mobilnya soal sang pacar, dimana tempat makan yang romantis agar bisa memikat hati si pacar.

Video Toyota Concept-i

[Gambas:Youtube]



Toyota juga menyiapkan layanan transportasi untuk atlet dan para tamu menggunakan e-Palette. Kendaraan listrik ini didesain khusus untuk mengantar aneka barang atau orang. e-Palette juga bisa menjadi toko berjalan yang mengirim barang langsung ke rumah pemesan.

Video e-Palette

[Gambas:Youtube]



"Kami juga akan menyediakan kendaraan hidrogen seperti Toyota Mirai dan bus Sora untuk mendukung Tokyo 2020. Sebagai pemimpin dalam elektrifikasi kendaraan, kami akan menggunakan seluruh teknologi yang kami miliki untuk menjadikan Olimpiade 2020 sebagai Olimpiade yang paling ramah lingkungan," ujar Presiden Toyota Motor Asia Pasifik Susumu Matsuda seperti dilaporkan wartawan detikOto Dadan Kuswaraharja, dari Singapura, Jumat (14/9/2018).

Toyota Mirai sempat diperlihatkan Toyota di GIIAS 2018Toyota Mirai sempat diperlihatkan Toyota di GIIAS 2018 Foto: Dadan Kuswaraharja


Selain itu, Toyota juga menawarkan beberapa layanan mobilitas yang sudah dipasarkan. Seperti Toyota Welcab, mobil dengan kursi bagian tengah yang bisa berputar ke luar mobil untuk mempermudah pengguna kursi roda masuk atau keluar mobil.

Vellfire Welcab, kursi tengahnya bisa keluar dari mobil secara otomatisVellfire Welcab, kursi tengahnya bisa keluar dari mobil secara otomatis Foto: Toyota


Toyota juga sudah memiliki kendaraan listrik berukuran kecil yang disebut i-Road, sebuah kendaraan yang cocok digunakan di jalan perkotaan yang sempit.

Toyota i-RoadToyota i-Road Foto: Toyota


Kemudian ada juga Toyota Human Support Robot, robot yang bisa membantu pasien, manula atau para pekerja kesehatan.

Robot ToyotaRobot Toyota Foto: Toyota


"Apa yang saya sebutkan tadi merupakan beberapa contoh dari solusi mobilitas yang ditawarkan Toyota baik itu Tokyo 2020, Beijing 2022, dan Paris 2024, tujuan kami adalah bekerja dengan panitia pelaksana untuk menciptakan mobile society yang berkelanjutan," tutup Matsuda. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed