Jumat, 14 Sep 2018 08:12 WIB

Desain Toyota Avanza Sudah Kuno?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota Veloz. Foto: Ruly Kurniawan Toyota Veloz. Foto: Ruly Kurniawan
Singapura - Meski dikritik pengguna dan masyarakat Indonesia karena modelnya sudah tidak kekinian lagi, Toyota belum memutuskan untuk melakukan penggantian model Avanza.

"Kita bilang tren ini dengan model sekarang beberapa orang bilang old fashioned tapi masih bisa terjual 6.000-7.000 unit per bulan. Terus tipe Veloz terus naik jadi 15 persen. Saya kalau ditanya model baru pasti jawabannya klise, 'Tunggu saja undangan dari kami'," ujar Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, saat berbincang dengan wartawan di Peninsula, Excelsior Tower, Singapura, Kamis (13/9/2018) malam.

Pria bertubuh jangkung yang akrab disapa Suryo ini mengatakan ada beberapa senjata Avanza yang membuatnya masih diminati orang meski desainnya old fashioned. "Ada suatu keunikan dari Avanza yang konsumen ini masih mencari, kebutuhan mereka terhadap fungsionalitas Avanza seperti penggerak roda belakang, high ground clearance, turning radius yang lebih kecil dari kompetitornya. Kekuatan-kekuatan itu itu yang bikin orang masih mau beli sehingga mereka masih bertahan, so far dari size, compact dan harga juga oke mereka masih mau beli," ujarnya.

Toyota terakhir melakukan penyegaran pada Avanza dan Veloz pada tahun 2015 lalu.


Sejak itu, Toyota belum juga melakukan perubahan model pada Avanza, padahal masyarakat sudah meminta Toyota. Apalagi pesaing baru seperti Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga sudah menyegarkan tampangnya. Dari sisi penjualan, Xpander pun sudah mengalahkan Toyota Avanza, bahkan oleh saudaranya sendiri, Rush, Avanza sudah kalah telak.

Namun Suryo menegaskan meski sudah 3 tahun tidak ada penyegaran, Toyota sudah memikirkan model pengganti Avanza. "Kita punya 24 model mobil, semua dipikirkan kok penggantinya, bahkan Rush, sudah dipikirkan seperti apa penggantinya. Soal life cycle, sama seperti Rush, 10 tahun baru diganti, orang mencari model yang tepat di market itu," ujarnya.

Jadi Otolovers yang sudah tidak sabar lihat Avanza model baru, sabar-sabar saja ya!

Video Avanza yang bisa dipakai berkemah

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed