Kamis, 13 Sep 2018 18:33 WIB

Laporan dari Singapura

Transformasi Toyota, Tak Lagi Cuma Buat Mobil

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota Foto: Dadan Kuswaraharja Toyota Foto: Dadan Kuswaraharja
Singapura - Industri otomotif tengah memasuki periode perubahan yang dramatis. Dalam 10-15 tahun terakhir, industri otomotif telah mengalami perubahan pesat dalam perjalanan dalam 100 tahun terakhir.

Toyota pun melakukan transformasi dari sebuah produsen atau pembuat kendaraan menjadi perusahaan mobilitas, yang menyediakan layanan mobilitas buat semua orang, bukan hanya orang yang bisa menyetir tapi juga orang yang memiliki keterbatasan.



"Kami berkomitmen utuk menjadikan mobilitas semua orang menjadi sebuah kenyataan. Kami meraih peluang untuk bertransformasi dari sebuah perusahaan otomotif menjadi perusahaan mobilitas, dan memasuki area yang baru dan menarik. Ini artinya kami bisa melakukan hal yang sebelumnya tidak memungkinkan bagi kami dan memperluas kemampuan kami pada teknologi yang bisa membantu orang berkeliling di kota," ujar Presiden Toyota Motor Asia Pasifik Susumu Matsuda dalam jumpa pers peluncuran kampanye Start Your Impossible seperti dilaporkan wartawan detikOto Dadan Kuswaraharja dari Infinite Studios, Media Circle Road, di Singapura, Kamis (13/9/2018).

Transformasi Toyota, Tak Lagi Cuma Buat MobilTransformasi Toyota, Tak Lagi Cuma Buat Mobil Foto: Dadan Kuswaraharja


Transformasi Toyota ini diwujudkan dengan kampanye Start Your Impossible, dengan kampanye ini Toyota mengajak orang untuk melakukan hal yang tidak mungkin buat mereka. Toyota sudah melakukan ini, dimana mereka yang asalnya produsen alat tenun menjadi produsen mobil.



Matsuda menjelaskan kampanye ini dengan mengutip pernyataan bos Toyota Akio Toyoda. "Kebebasan bergerak bagi orang adalah hal yang paling utama, agar bisa berpartisipasi dalam masyarakat, saat Anda bebas bergerak, semua hal sangat mungkin," ujar Matsuda menirukan omongan bosnya.

Transformasi Toyota, Tak Lagi Cuma Buat MobilTransformasi Toyota, Tak Lagi Cuma Buat Mobil Foto: Dadan Kuswaraharja


"Start Your Impossible adalah perjalanan sejarah panjang Toyota dalam memimpikan dan melahirkan berbagai ide dan inovasi untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik. Berawal dari perusahaan mesin tenun, dalam semangat kaizen (continuous improvement) dan respect to the people, Toyota terus bergerak menjadi perusahaan otomotif terkemuka dengan menciptakan teknologi baru, mengatasi hambatan mobilitas hari ini dan memecahkan tantangan mobilitas masa depan," ujar Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.



Start Your Impossible adalah jantung semangat dan komitmen Toyota dalam mengatasi berbagai hambatan mobilitas hari ini dan mengatasi tantangan masa depan. Inilah bagian dari komitmen Toyota ke depan yaitu menciptakan Freedom of Mobility for All. Mobilitas bagi semua dan tanpa diskriminasi. Membangun dan mengembangkan sarana mobilitas dan mendorong setiap orang bisa keluar dari keterbatasan yang dia rasakan pada dirinya, untuk kemudian meraih potensi dirinya yang tertinggi. (ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed