Jumat, 07 Sep 2018 12:10 WIB

Walaupun Jalanan Macet, Masih Sedikit Orang RI yang Punya Mobil

Dina Rayanti - detikOto
Kemacetan di Ibu Kota Jakarta. Foto: Rifkianto Nugroho Kemacetan di Ibu Kota Jakarta. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Jumlah kendaraan yang banyak disebut-sebut sebagai penyebab utama kemacetan di jalanan. Tapi jumlah kendaraan bukan ukuran yang pas untuk itu .

Kalau membandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia jumlah kepemilikan kendaraan di Indonesia belum ada apa-apanya.


"Angka kepemilikan mobil di Indonesia itu masih 87 mobil per 1.000 orang, di Malaysia 450 mobil per 1.000 orang, Thailand 240 mobil per 1.000 orang. Di situ terbaca masih kecil sekali," tutur Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto kepada detikOto.

Tapi dari sisi kemacetan, jalanan di Malaysia tidak semacet di beberapa titik ruas jalan di Tanah Air. Dalam sebuah survei yang dirilis Inrix misalnya, banyak kota-kota di Indonesia justru masuk ke dalam daftar jalanan termacet di dunia.


Ibu Kota Jakarta bahkan tercatat dalam urutan ke-12 kota termacet di dunia. Posisi Jakarta masih berada di bawah Bangkok yang duduk di tempat ke-11.

Sementara untuk di wilayah Asia misalnya kota-kota di Indonesia mendominasi sebagai kota termacet. Mulai dari Jakarta, Bandung, Malang, Yogyakarta, Padang, Medan, Pontianak, Tarogong, Surabaya, dan masih ada beberapa kota lainnya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya