Selasa, 04 Sep 2018 18:30 WIB

Impor Mobil 3.000cc Disetop, Mobil-mobil Ini Bakal Langka di RI

Dina Rayanti - detikOto
Deretan mobil di atas 3.000cc. Foto: dok. Lamborghini Deretan mobil di atas 3.000cc. Foto: dok. Lamborghini
Jakarta - Mobil-mobil mewah bakalan jadi pemanndangan langka di Indonesia. Hal itu disebabkan rencana pemerintah yang memutuskan untuk memabatasi impor sejumlah komoditas termasuk mobil mewah dengan kapasitas di atas 3.000cc.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyebut impor mobil di atas 3.000cc bakalan dibatasi hingga dihentikan sementara. Dengan begitu, masyarakat Indonesia tentunya bakalan jarang melihat mobil-mobil bertenaga besar di Tanah Air.


Dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada beberapa produsen yang mendatangkan mobil dengan kapasitas di atas 3.000cc. Kebanyakan memang produsen mobil-mobil di segmen premium.

Mobil-mobil tersebut antara lain Audi Q7, BMW M5, Lexus RX 300, Lexus RX 350, Lexus LX 570, Land Cruiser 200, Land Cruiser 70, dan Volkswagen Touareg.

Itu baru mobil-mobil yang tercatat dalam data Gaikindo. Ada juga mobil-mobil seperti Lamborghini, Ferrari, Aston Martin dan sederet mobil berkapasitas besar lainnya yang didatangkan oleh importir umum.


Hal ini pun sempat dikeluhkan oleh bos importir umum yang rajin mendatangkan deretan mobil mewah ke Indonesia Prestige Image Motorcars, Rudy Salim. Rudy mengungkapkan kalau nantinya aturan itu berlaku justru semakin besar kemungkinan orang Indonesia membeli mobil-mobil mewah berharga miliaran itu di luar negeri.

Padahal kata Rudy dengan adanya mobil-mobil mewah itu sekaligus juga menandakan Indonesia tak ketinggalan zaman. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed