Mobil Murah LCGC Masih Kalah Sama Avanza Cs

Dina Rayanti - detikOto
Selasa, 04 Sep 2018 13:56 WIB
LMPV di Indonesia. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Mobil-mobil Low Cost Green Car (LCGC) atau biasa disebut mobil murah saat awal dihadirkan memang ditujukan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau dibandingkan model-model lainnya. Harga jualnya pun tak sembarangan.

Melainkan lewat aturan Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau. Yang jelas kalau menurut aturan tersebut harganya tak boleh melebihi Rp 95 juta kecuali ada penyesuaian teknologi hingga kondisi ekonomi Indonesia.


Pemerintah tak sia-sia membuat program soal mobil murah itu. Pada tahun pertamanya ada empat pabrikan mobil yang ikutan membuat mobil LCGC yakni Toyota, Daihatsu, Honda, dan Suzuki. Penjualannya pun tembus 50 ribu unit pada tahun pertamanya.

Semakin ke sini mobil-mobil murah LCGC makin dicari masyarakat Indonesia. Dari sisi penjualan wholesales yang tercantum dalam data milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia LCGC hampir menyamai penjualan MPV. Sepanjang semester pertama tahun 2018 ada 115.076 terjual.

Tapi angka sebesar itu belum mampu untuk menyalip penjualan Avanza Cs. Avanza Cs dalam periode yang sama sudah terjual sebanyak 133.070 unit.

"Di Indonesia, segmen MPV masih menjadi primadona dan pilihan utama masyarakat. Sementara segmen LCGC atau entry, di dalamnya tidak hanya terdapat segmen hatchback, tapi juga terdapat segmen MPV," papar Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto saat dihubungi detikOto, Selasa (4/8/2018).


Menurut Soerjo, MPV tak bisa lepas begitu saja dari masyarakat Indonesia. Orang-orang Indonesia masih belum bisa berpindah hati dari mobil seperti Avanza-Xenia dkk.

"Segmen MPV masih menjadi pilihan utama masyarakat. Mengingat segmen MPV memang memiliki karakter yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, salah satunya ialah kapasitas penumpang hingga 7 orang hingga kapasitas bagasi yang besar," tutupnya. (dry/ddn)