Senin, 03 Sep 2018 17:09 WIB

Truk Hyundai Bisa Melaju Sampai 40 Km Tanpa Sopir

Ruly Kurniawan - detikOto
Truk otonom level 3 Hyundai (Foto: Hyundai Motor Corporation) Truk otonom level 3 Hyundai (Foto: Hyundai Motor Corporation)
Incheon - Dunia otomotif masih terus berkembang. Beberapa produsen mobil sudah melakukan penelitian dan uji coba kendaraan otonom sebagaimana Hyundai Motor Company.

Menariknya, merek mobil asal Korea Selatan ini menguji fitur otonom atau kemudi tanpa supir di truk komersil bermuatan besar (heavy truck), Hyundai Xcient. Hasilnya, truk berkapasitas maksimum 40 ton itu bisa berjalan sampai 40 km tanpa bantuan manusia. Teknologi otonom Hyundai ini masuk level 3, jadi meski sudah bisa jalan sendiri, tetap membutuhkan tenaga manusia dalam kondisi tertentu.

Pengujian dilakukan di jalan raya antara Uiwang dan Incheon pada 21 Agustus 2018 lalu, sebagaimana mengutip rilis resmi Hyundai. Dengan torehan tersebut, diharapkan truk masa depan dari Hyundai ini bisa mengurangi jumlah kecelakaan yang terjadi setiap tahunnya k arena kesalahan manusia.


"Demonstrasi yang sukses ini membuktikan bahwa teknologi otonom yang inovatif dapat digunakan untuk mengubah industri logistik perdagangan. Pada tahap ini, pengemudi manusia masih digunakan untuk mengendalikan kendaraan secara manual dalam situasi tertentu," papar Direktur Commercial Vehicle R&D Strategy Group Hyundai Motor Company, Maik Ziegler.

Truk dilengkapi dengan teknologi bernama Society of Automotive Engineer (SAE) autonomous driving system tingkat 3. Dimana mobil memungkinkan untuk mengarahkan, mempercepat-mengurangi laju, dan berbelok sendiri tanpa bantuan manusia. Namun, seorang pengemudi masih harus tetap berada di dalam mobil untuk mengambil alih kendali manual ketika diperlukan.

Teknologi itu juga bisa membaca perubahan jalur yang dibuat oleh kendaraan di depannya, menavigasi melalui terowongan, sampai penghentian total atau mempercepat sesuai dengan lalu lintas jalan.


"Dalam tingkatan ini, saya pikir kita bisa mencapai tingkat mobil otonom level 4 (semuanya otomatis, tanpa kontrol manusia di dalam mobil). Tentu setelah kita upgrade teknologi yang lebih memungkinkan," kata Maik.

Demonstrasi atau pengujian ini telah mendapat restu dari Kementerian Pertahanan, Infrastruktur, dan Transportasi (MOLIT) dengan mengeluarkan lisensi mengemudi otonom sementara. Hal ini pertama kalinya dikeluarkan untuk truk kelas berat (heavy duty).

Dalam pengujian tersebut, truk berhasil menempuh perjalanan 40 km dalam 1 jam dengan mematuhi batas kecepatan jalan tol 90 km/jam. Hyundai Motor Company berencana akan melakukan tes teknologi navigasi otonom lebih lanjut di masa depan. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed