Selasa, 14 Agu 2018 13:34 WIB

Produsen Mobil Rusia Siap Jor-joran di Indonesia

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil Lada C (Foto: Lada) Mobil Lada C (Foto: Lada)
Tangerang - Setelah kedatangan dua brand baru asal China, Wuling Motors dan DFSK di Indonesia, keran investasi otomotif makin deras. Tahun depan akan ada beberapa produsen otomotif baru dari Rusia dan China yang bakal mencoba peruntungannya di Tanah Air. Bahkan mereka sudah ancang-ancang untuk lakukan investasi.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengungkapkan beberapa tahun ke depan akan ada kemungkinan merek otomotif baru akan masuk ke Indonesia. Beberapa diantaranya adalah dari China dan Rusia.

"Setahu saya, untuk tahun ini belum ada (produsen otomottif baru) ah yang masuk. Tahun depan masih ada potensi, ada komunikasinya (yang sudah dijalankan). Data-datanya saya tidak pegang, tapi ada indikasi bahwa brand China dan Rusia mencoba masuk," ungkap Nangoi di ICE BSD, Tangerang, pekan kemarin.


Dirinya juga mengatakan bahwa mereka (brand baru asal China maupun Rusia tersebut) tertarik untuk melakukan investasi di Indonesia.

"Kita harapkan nanti ada investasi yang masuk," ucap Nangoi.

"Sudah komunikasi beberapa kali, ada informasi mereka mau investasi, ada. Ada dari merek lain juga tapi saya tidak bisa bicara, masih tahap pembicaraan. Nanti kalau sudah pasti baru dikabarkan," tambahnya.


Berdasarkan informasi yang beredar beberapa brand tersebut adalah BYD, Foday (China), Lada, serta Gaz (Gorkovsky Avtomobilny Zavod) dari Rusia. Tapi Nangoi tidak bisa mengatakannya dengan pasti. "Saya sudah dengar informasinya, tapi ada lah, tak bisa saya katakan," katanya.

Wah pasar otomotif di tahun 2019 bakal rame nih, Otolovers. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed