Senin, 13 Agu 2018 18:20 WIB

Gila! 3 Mobil Sport Klasik Ini Diprediksi Terjual Ratusan Miliar

Ridwan Arifin - detikOto
Ferrari 250 GTO Foto: RM Sothebys Ferrari 250 GTO Foto: RM Sotheby's
California - Mobil sport klasik bisa menjadi investasi, karena harga mobil jenis ini terus meningkat tajam. Setidaknya ada 3 mobil sport yang berpeluang memecahkan rekor lelang.

Malah ada 3 rekor sekaligus yakni pertama rekor mobil paling mahal dalam sejarah, rekor mobil merek Inggris termahal dan ketiga mobil Amerika paling mahal.

Sebentar lagi, perhelatan lelang mobil klasik yang bertajuk Concours d'Ellegance Classic Car di Pantai Bebble, Monterey, California akan diadakan pada 25 Agustus 2018.

Seperti dilansir dari CNN, lelang ini akan diisi berbagai kolektor mobil kelas atas, nilai lelangnya biasanya selalu mencetak rekor.

Mobil pertama yang diperkirakan bakal mencetak angka terbesar adalah Ferarri 250 GTO tahun 1962 yang ditaksir akan terlelang di angka USD 45-60 juta sekitar Rp 656,55 miliar sampai Rp 875 miliar. Mobil akan dilelang oleh balai lelang RM Sotheby's.

Sebelumnya pada tahun 2014, Ferrari GTO tahun 1962-1963 pernah mencatatkan rekor menembus di angka penjualan harga USD 38 juta dalam lelang Bonham di Pebble Beach Car Week.

Mobil ini memiliki 2 tahun model karena pernah hancur dalam kecelakaan dan kemudian direstorasi ulang oleh Ferrari. Saat ini, itu lah rekor lelang yang tertinggi.

Sebenarnya ada rekor lain yang dibukukan oleh model mobil yang sama, yang kabarnya terjual sampai USD 70 juta. Namun penjualan mobil ini tidak tercium publik karena dijual secara pribadi.

Mengapa Ferrari GTO menjadi begitu spesial? Pertama, mobil ini memiliki desain yang sangat cantik. Kedua, mobil ini juga selalu berhasil dalam kejuaraan balapan mobil.

Ada banyak model yang berhasil diciptakan Ferrari, seperti 250 LM yang mesinnya dipasang di belakang kemudi, tetapi jenis GTO bermesin depan lebih populer karena lebih mudah dikendarai dan lebih mudah merawatnya.

"Ferrari 250 GTO, Anda membuka pintu seperti mobil yang Anda inginkan, Anda masuk dan langsung pergi," ucap RM Southby Specialist, Jake Aurbach. "Ini sangat sederhana," tambahnya.

Ferrari 250 GTO hanya diproduksi sebanyak 36 unit saja, seluruh pemilik mobil saling mengenal dan membentuk klub mobil yang ekslusif. Bahkan terkadang juga sering melakukan touring bersama.

GTO akan dijual pada pelelangan RM Southeby pada tanggal 25 Agustus mendatang. Di mana jenis mobil yang akan dijual tersebut memiliki sejarah yang besar, yakni memenangkan Italian GP di tahun 1962 dan mencatatkan kemenangan total 15 race dari tahun 1962 hingga 1965.

Phil Hill adalah sosok yang pernah ada dibalik kemudi mobil, ia adalah seorang warga negara Amerika yang memenangkan kejuaraan Formula 1. Dia menggunakan Ferrari sebagai mobil latihannya sebelum race seri Targa Flario di tahun 1962.

Mobil kedua yang bakal mencetak lelang adalah Aston Martin tahun 1963 DP215 Grand Touring Prototype.

Aston MartinAston Martin Foto: RM Sotheby's


Model ini merupakan mobil yang paling dianjurkan untuk jenis mobil British. Untuk estimasi harga diperkirakan antara USD 18-20 juta. Memang mobil ini belum pernah memenangkan kejuaraan balap apapun, tetapi merk ini pernah mencatatkan top speed terbaik di Le Mans, Prancis.

Mobil Amerika juga tak ketinggalan, 1966 Ford GT40. Dalam sejarahnya, mobil balap berwarna emas ini pernah menempati posisi ketiga selama 24 jam di Le Mans Prancis tahun 1966, merupakan ajang balap mobil paling terkenal saat itu.

Peristiwa ini juga menjadi momen kemenangan bagi CEO Ford saat itu Henry Ford di mana ia ditolak untuk membeli pabrikan kuda jingkrak, kemudian ia menuntut agar Ford bisa mengalahkan Ferrari, dan inilah momen balas dendam Henry Ford.

"Tidak ada yang benar-benar lebih baik di balapan Amerika, kecuali dari Le Mans 1966", ujar Aurbach.

Bahkan sejarah balapan tentang Ferrari lawan Ford tersebut akan masuk layar lebar dengan judul 'Ford vs. Ferrari'. Dibintangi oleh Matt Damon dan Christian Bale yang akan rilis di tahun depan.

Ford GTFord GT Foto: RM Sotheby's


Mobil ditaksir akan terjual di angka USD 9-12 juta, namun bisa saja nanti hasilnya malah lebih. Sampai saat ini, mobil Amerika paling berharga yang pernah dilelang adalah Shelby Cobra pertama yang dibangun oleh Carroll Shelby pada tahun 1962. Mobil itu dijual seharga USD 13,8 juta di lelang Monterey Sotheby's RM pada tahun 2016. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed