Kamis, 09 Agu 2018 16:35 WIB

Lexus Pernah Buat Mobil dari Kardus

Akfa Nasrulhak - detikOto
Lexus IS terbuat dari Kardus Foto: Pool (CNN) Lexus IS terbuat dari Kardus Foto: Pool (CNN)
Jakarta - Pabrikan otomotif premium asal Jepang, Lexus ternyata pernah membuat replika mobil sedan IS yang seukuran dengan aslinya. Kerennya mobil ini dibangun menggunakan kardus dan memiliki ukuran yang sama seperti mobil sungguhan.

Lexus terbuat dari KardusLexus terbuat dari Kardus Foto: Pool (CNN)


Bahkan mobil replika ini juga dilengkapi dengan interior yang lengkap, seperti pintu yang berfungsi, lampu dan juga roda.



Mobil ini telah diproduksi secara nyata dalam bentuk "Origami car" oleh tim desainer dan pemodel profesional dari Perusahaan LaserCut Works dan Scales and Models di Inggris. Mobil yang dibuat dari 1.700 lembar kardus ini dipotong menggunakan laser. Walaupun dibuat dari kertas kardus, namun ditempelkan di kerangka besi dan alumunium serta dilengkapi dengan motor listrik agar dapat bergerak seperti aslinya.

Lexus terbuat dari KardusLexus terbuat dari Kardus Foto: Pool (CNN)


Membuat replika mobil yang nyaris sungguhan ini tentu melalui proses yang cukup rumit, yang pastinya membutuhkan para pekerja yang ulet dan terampil. Dalam waktu yang tidak sebentar, sekitar tiga bulan mobil ini akhirnya bisa diselesaikan dan menjadi tiruan sempurna dari sedan Lexus IS.



"Begitu kita bisa melihat potongan-potongan fisik terbentuk, kita bisa mengidentifikasi di mana kita perlu melakukan perbaikan - seperti halnya, ada beberapa elemen trial and error, tetapi karena kami memiliki semua sumber daya yang kami butuhkan di-rumah, ini membuat perubahan lebih mudah diproduksi," jelas Direktur Scales & Models, Ruben Marcos seperti dikutip dari cnn.com.



Para pekerja menggunakan model 3D dari IS, yang disediakan oleh Lexus, yang kemudian dibagi menjadi beberapa bagian, seperti badan utama, dashboard, kursi dan roda. Secara digital kemudian dibagi dalam potongan 10mm untuk menyediakan profil dua dimensi yang diperlukan untuk pemotongan presisi masing-masing dari 1.700 lembar kardus yang dapat didaur ulang. Setiap lapisan diberi nomor referensi sendiri untuk memastikan itu dirakit dalam urutan yang benar dan mobil itu kemudian dibangun tangan selama periode tiga bulan. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed