Jumat, 27 Jul 2018 20:12 WIB

Uji Coba Perluasan Ganjil Genap Buat Mobil Lebih Ngebut di Jalanan

M Luthfi Andika - detikOto
Akali Pelat nomor ganjil genap Foto: Instagram/tmcpoldametro Akali Pelat nomor ganjil genap Foto: Instagram/tmcpoldametro
Jakarta - Perluasan ganjil genap sepertinya menjadi solusi untuk mengurangi kemacetan. Terbukti berdasarkan data Subditbin Gakkum Dit Lantas PMJ, perluasan pelat nomor ganjil genap selama 2 minggu membuat kendaraan lebih ngebut hingga 12,14 persen.



Data ini juga menunjukkan bahwa ada peningkatan penggunaan royal trans atau angkutan umum sebesar 11,5 persen, PPD sebesar 1,4 persen dan Trans Jakarta 9,8 persen.

Dan untuk kemacetan dikatakan ada penurunan sebesar 16 persen atau sekitar 46,4 detik.

Dalam data ini juga disebutkan, ini merupakan evaluasi uji coba perluasan Ganjil-Genap selama 2 Minggu. Selama Senin-Minggu mulai pukul 06.00 WIB pagi hingga 21.00 WIB malam.



Dengan kendaraan nomor pelat ganjil beroperasi pada tanggal ganjil, dan kendaraan berpelat nomor genap beroperasi pada tanggal genap.

Jika sudah ada data seperti ini, diharapkan Otolovers tidak melakukan pelanggaran dengan nekat berkendara tidak sesuai dengan pelat nomor ganjil atau genap. Terlebih mengakali dengan membuat pelat nomor sendiri agar bisa melewati jalur ganjil atau genap. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed