Jumat, 27 Jul 2018 17:17 WIB

Akali Pelat Nomor Ganjil-Genap, Polisi Akan Sita Mobilnya?

M Luthfi Andika - detikOto
Akali pelat nomor ganjil-genap Foto: Instagram/tmcpoldametro Akali pelat nomor ganjil-genap Foto: Instagram/tmcpoldametro
Jakarta - Mengakali pelat nomor kendaraan atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) demi melintas saat di waktu ganjil atau genap jelas itu melanggar peraturan.



Tapi benar tidak ya, saat ada pengendara yang melakukan pelanggaran itu mobil akan langsung ditarik? Hal itu bisa saja terjadi lho Otolovers, seperti yang disampaikan Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Bayu Pratama, saat dihubungi detikOto.

"Tergantung," ujar Bayu.

Bayu pun menjelaskan penarikan kendaraan bisa saja dilakukan jika pengendara juga tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan STNK palsu.



"Kalau TNKB asli ada atau dibawa, meski dia juga memiliki dua pelat nomor dua, dan dia (pengendara-Red) memiliki surat SIM dan STNK sah, itu hanya suratnya saja yang disita," ujarnya.

"Tapi kalau STNK tidak ada, SIM tidak ada, TNKB ada dua. Bisa saja mobilnya ditahan. Karena kewenangan penahanan barang bukti surat atau kendaraan ada pada petugas, tergantung situasi di lapangan," katanya.


(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed