Kamis, 19 Jul 2018 14:21 WIB

Ditanya Soal Esemka, Menperin Malah Jelaskan Mobil Desa

Fadhly Fauzi Rachman - detikOto
Pabrik Esemka di Cileungsi. Foto: Luthfi Andika Pabrik Esemka di Cileungsi. Foto: Luthfi Andika
Jakarta - Ada yang menarik dalam rapat kerja yang digelar Komisi VI DPR RI bersama Kementerian Perindustrian siang hari ini. Dalam rapat itu, salah satu anggota dewan bertanya kepada Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengenai kabar dari mobil Esemka.

Agenda rapat sendiri membahas soal laporan keuangan Kementerian Perindustrian tahun anggaran 2017. Namun salah satu anggota dewan yang mengikuti rapat penasaran untuk bertanya kelanjutan dari mobil Esemka yang sempat dibanggakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"Esemka itu sampai di mana kabarnya, saya mau tahu reportnya karena saya dengar itu berkembangnya di Solo. Kebetulan dapil (daerah pemilihan) saya Solo. Saya mau tahu sampai di mana perkembangan itu, itu merupakan kebanggaan Indonesia mempunyai kendaraan nasional," tanya salah satu anggota dewan dalam rapat, Jakarta, Kamis (19/7/2018).

Lantas, apa jawaban Airlangga?

Airlangga mengatakan bahwa dalam waktu dekat Indonesia juga akan meluncurkan produk mobil khusus pedesaan. Produk ini akan diluncurkan pads Agustus 2018 dalam kegiatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan digelar nanti.


"Mengenai kendaraan nasional, nanti pada saat GIIAS akan diluncurkan yang namanya angkutan multimoda untuk pedesaan. Itu akan kami launching, khusus untuk di pedesaan yang multifungsi. Bisa untuk harvest dan post harvest, dan bisa juga untuk angkutan. Made in Klaten," jawabnya.

"Jadi masalah Solo ini kita tunda sedikit pak, karena Solo ini lisensi ya. Bermerk SMK. Jadi yang pedesaan dulu ini, nanti kita launching pada Agustus," tutup dia. (fdl/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed