Jumat, 13 Jul 2018 21:57 WIB

Toyota Tak Jemawa Avanza dan Calya Salip Lagi Xpander

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Rangga Rahardiansyah Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta - Penjualan mobil di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir selalu mengalami perubahan. Ada yang penjualannya meningkat sehingga duduk di posisi pertama ada juga yang menurun dan harus rela tergusur dari posisinya.

Hal itu dialami oleh MPV terlaris di Indonesia Toyota Avanza. Belasan tahun menjadi mobil terlaris, posisi Avanza mulai terusik usai kehadiran sang penantang Mitsubishi Xpander pada tahun 2017. Beberapa bulan usai peluncuran Xpander, Agustus 2017, posisi Avanza masih terus berada di puncak.


Kemudian cerita berbeda dimulai Februari 2018. Penjualan Avanza yang berada di kisaran 6.000-7.000 unit setiap bulannya dikalahkan oleh Mitsubishi Xpander.

Hal serupa pun terjadi pada bulan-bulan berikutnya hingga Mei. Namun pada Juni, walaupun penjualan mobil secara keseluruhan sedikit menurun, Avanza kembali berada di posisi satu. Avanza terjual sebanyak 4.648 unit sementara Xpander 3.278 unit.

Dengan begitu Xpander pun harus rela turun tahta tetapi bukan ke posisi dua mobil terlaris, melainkan posisi tiga. Posisi kedua ditempati oleh adik Avanza, mobil LCGC 7 penumpang Calya. Calya sepanjang Juni 2018 terjual sebanyak 4.057 unit.


Menanggapi hal itu, Toyota mengatakan memang penjualan Avanza selalu berada di angka tersebut setiap bulannya. Sedangkan peningkatan penjualan Calya dipengaruhi oleh Hari Raya Lebaran.

"Lebaran dan terima kasih karena pelanggan masih mempercayakan pilihannya ke merek Toyota," ungkap Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto kepada detikOto. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed