Jumat, 13 Jul 2018 19:14 WIB

Toyota: Avanza Memang Mobilnya Orang Indonesia

Dony Indra Ramadhan - detikOto
Toyota Avanza di pameran IIMS. Foto: Dina Rayanti Toyota Avanza di pameran IIMS. Foto: Dina Rayanti
Bandung - Toyota Avanza kembali merajai mobil terlaris di Indonesia pada bulan Juni 2018 menggeser Mitsubishi Xpander. Apa respons Toyota usai kembali ke puncak?

Dalam data wholesales (dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterima detikOto, penjualan Avanza tercatat mencapai 4.648 unit, jauh lebih unggul dari sang pendatang baru Xpander yang hanya menjual 3.278 unit.

Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Indonesia Darmawan Widjaja mengatakan berada di puncak atau tidak bukan menjadi ukuran utama bagi Toyota. Pihaknya lebih mengedepankam konsumen dalam hal penjualan.


"Mengenai di puncak atau tidak enggak jadi ukuran, tapi yang penting pelanggan puas. Karena kalau pelanggan enggak puas, walaupun di puncak enggak akan lama. Jadi yang penting pelanggan dulu," ucap Darmawan kepasa detikOto usai pengumuman pemenang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) di Taman Lalu Lintas, Kota Bandung, Jumat (13/7/2018).

Darmawan mengatakan Avanza merupakan salah satu produk unggulan Toyota di Indonesia. Dia meyakini meski setiap saat bermunculan pesaingnya, Avanza masih punya ruang di hati masyarakat Indonesia.

"Kami masih yakin masih banyak penggemar Avanza. Memang mobil itu dibuat bangsa Indonesia untuk bangsa Indonesia juga," kata dia.


Menurut Darmawan, pihaknya benar-benar menimbang keinginan dari pelanggan dalam produksi Avanza. Pihaknya melihat apa yang perlu dan tidak serta melihat dari sisi biaya yang diterapkan.

"Jadi memang benar-benar kita teliti kendaraan apa yang cocok buat Indonesia. Kita perlu dorong Avanza agar bisa diandalkan. Bisa menjual sisi ketahanan model dan bisa diterima bangsa," ujar Darmawan.

Meski merajai berdasarkan daya wholesale, Darmawan tidak bisa mengungkapkan berapa jumlah data ritel pada bulan Juni.

"Kalau angka ritel tanya Pak Hendri dan Pak Suryo," kata Darmawan sambil tersenyum. (dir/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed