Kamis, 12 Jul 2018 13:19 WIB

Siapa Koruptor Pemilik 3 Mobil Mewah yang Dilelang KPK?

Dina Rayanti - detikOto
Mobil milik Yan Anton Ferdian. Foto: Kementerian Keuangan Mobil milik Yan Anton Ferdian. Foto: Kementerian Keuangan
Jakarta - Ada tiga mobil mewah yang bakal dilelang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada akhir bulan ini. Tiga mobil tersebut yaitu 1 unit Mercedes-Benz S 350 CGI AT hitam buatan tahun 2013, 1 Toyota Crown 2.5 Athlete G A/T tahun 2013 hitam, dan SUV Mercedes-Benz GL400 AT buatan tahun 2014 adalah hasil sitaan KPK dari para koruptor.

Ketiga mobil bekas koruptor itu tidak dijual murah. Harganya cukup lumayan mulai dari Rp 600 jutaan hingga paling mahalnya mencapai Rp 941,65 juta. Lantas siapa koruptor yang memiliki mobil itu?

Toyota Crown milik Akil MochtarToyota Crown milik Akil Mochtar Foto: Kementerian Keuangan



Berdasarkan hasil penelusuran detikOto, tiga mobil itu dimiliki oleh dua orang yakni Bupati Nonaktif Banyuasin Yan Anton Ferdian dan Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar. 1 unit Mercedes-Benz S 350 CGI AT hitam buatan tahun 2013, 1 Toyota Crown 2.5 Athlete G A/T tahun 2013 hitam dimiliki Akil. Sedangkan SUV Mercedes-Benz GL400 AT buatan tahun 2014 adalah milik Yan Anton.


Mercy milik Akil MochtarMercy milik Akil Mochtar Foto: Kementerian Keuangan


Akil sendiri saat ini masih mendekam di balik jeruji besi dan harus menghabiskan sisa hidupnya di sana. Vonis ini diketok oleh Pengadilan Tipikor Jakarta, Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta dan kasasi. Duduk sebagai majelis kasasi yaitu Artidjo Alkostar, MS Lumme dan Krisna Harahap.


Sementara Yan Anton terbukti melanggar Pasal 12 huruf A dan B ayat (1) undang-undang 31/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

SUV Mercy milik Yan Anton FerdianSUV Mercy milik Yan Anton Ferdian Foto: Kementerian Keuangan


Selain itu, Yan juga dikenakan denda 300 juta subsider kurungan 1 bulan dan pencabutan hak politik selama 3 tahun setelah menjalani pidana pokok. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed