Selasa, 03 Jul 2018 08:50 WIB

3 Alasan Orang Beli Suzuki Ertiga

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Suzuki Ertiga saat diluncurkan di IIMS 2018 lalu Foto: Rengga Sancaya Suzuki Ertiga saat diluncurkan di IIMS 2018 lalu Foto: Rengga Sancaya
Badung - Suzuki Ertiga model baru sudah dipesan sebanyak 6.000 unit lebih semenjak dirilis bulan April lalu. Suzuki pun sudah mengirim hampir semua mobil yang sudah dipesan.

Menurut Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel, dalam survei kepada 300 konsumen yang dilakukan Suzuki setidaknya ada 3 alasan konsumen membeli Low MPV buatan Cikarang, Jawa Barat ini.



Yang pertama adalah eksterior yang berubah total. "Itu alasan pertama konsumen membeli Suzuki Ertiga," ujar Harold.

Suzuki ErtigaSuzuki Ertiga Foto: Dadan Kuswaraharja


Alasan kedua adalah penyegaran interior yang menurut konsumen mengakomodir kebutuhan keluarga terutama sisi kabin baris ketiga yang cukup luas.

Interior New Ertiga dengan bodi atap yang dipotongInterior New Ertiga dengan bodi atap yang dipotong Foto: Rengga Sancaya


Alasan terakhir adalah konsumsi BBM yang irit. Sebelum mobil dirilis ke pasaran, konsumsi BBM Ertiga sudah dites oleh Balai Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (BT2MP). Tes itu dilakukan dengan mesin, sehingga kondisi mobil tidak bergerak, hanya statis. "Dari hasil tes statik BT2MP untuk Ertiga otomatis 16,73 km per liter dan 18,09 km per liter untuk manual," ujarnya.
Liga Irit Suzuki ErtigaLiga Irit Suzuki Ertiga Foto: Dadan Kuswaraharja

Namun dalam pengetesan yang dilakukan wartawan di jalanan Bali akhir pekan lalu, Ertiga dengan metode full to full sanggup menembus angka konsumsi BBM di atas 20 km per liter. Angka yang terbaik mencapai 27 km per liter untuk transmisi manual.


Ini video Menjajal Suzuki Ertiga Model Terbaru Menyusuri Selatan Bali

Berkat 3 faktor tadi, penjualan mobil Ertiga mengalami kenaikan cukup signifikan di model barunya.

Selama bulan Mei, penjualan ritel Ertiga naik di angka 4.000-an. Sehingga Ertiga mampu mengerek pangsa pasar dengan pertumbuhan 6 persen di segmen Low MPV.

"Nah ini sebenarnya kalau kita melihat growth Ertiga 6 persen ni sangat menarik karena marketnya sendiri berkembang 30 persen. Satu hal yang bisa di-highlight adalah low MPV ini secara kendaraan sudah di-upgrade dari sebelumnya. Dulu kita kenal low MPV itu 7 penumpang tapi lebih detailnya 5+2 karena row ketiga memiliki sedikit keterbatasan. Namun beberapa merek sudah meng-upgrade kendaraan ini bukan lagi 5+2 tapi jadi trully seven seater. Trully seven seater yang sudah dikeluarkan beberapa brand ini kita take out karena kurang lebih ada 3 brand yang punya ini sebenarnya market low MPV ini turun 14 persen. Tapi Ertiga ini malah growth juga kurang lebih 6 persen jadi komposisinya walaupun ada trully seven seater ataupun tidak ada truly seven seater Ertiga ini mampu menunjukkan eksistensinya di Indonesia. Ini pencapaian khusus buat Suzuki karena itu artinya model ini diterima masyarakat," jelasnya panjang lebar.
3 Alasan Orang Beli Suzuki Ertiga
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed