Senin, 02 Jul 2018 19:54 WIB

Toyota Beri 12 Mobil Ramah Lingkungan ke Kemenperin

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota Berikan Kendaraan Listrik ke Kemenperin Foto: Reuters/Mario Anzuoni
Jakarta - Raksasa otomotif di Indonesia, Toyota, diam-diam menyumbangkan mobil listrik mereka ke Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam waktu dekat ini. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pengembangan Electric Vehicle Comperhensive Study atau mengembangkan mobil listrik dan penggunaannya di Tanah Air.



Tidak tanggung-tanggung, kabarnya Toyota menyerahkan 12 mobil kepada Kemenperin. Seperti yang disampaikan Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika Senin (2/7/2018).

Dirinya mengungkapkan jumlah mobil listrik yang akan dibawa akan sampai 12 unit. Diantaranya akan ada 6 unit PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) dan 6 unit HEV (Hybrid Electric Vehicle).



"Saya belum check lagi jumlah mobilnya. Semestinya sih PHEV 6 unit, HEV 6 unit, mungkin ICE-nya (internal combustion engine atau mobil konvensional) sebagai pembanding tidak dibawa ke Perindustrian, ya. Yang ada dibawah 12 unit kali, ya," kata Juli.

"Nanti pas mau pulang saya akan check lagi," tambahnya.

Ini bukan kali pertama Kemenperin menerima sumbangan mobil listrik untuk di kaji. Sebelumnya, Mitsubishi juga sempat memberikan 10 unit mobil listrik yang terdiri dari 8 unit Mitsubishi Outlander Plug-in Hybrid dan 2 unit MiEV.

Dikesempatan itu pula, Juli memaparkan bahwa mobil akan digunakan untuk keperluan riset dengan menggandeng para pakar di beberapa universitas yang ada di Indonesia. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com