Selasa, 19 Jun 2018 21:05 WIB

Hanya Sedikit Pengemudi yang Manfaatkan Seluruh Fitur di Mobil

Ruly Kurniawan - detikOto
Seorang calon pembeli mobil melihat-lihat interior mobil yang dipamerkan di IIMS beberapa waktu lalu. Foto: Rangga Rahadiansyah Seorang calon pembeli mobil melihat-lihat interior mobil yang dipamerkan di IIMS beberapa waktu lalu. Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Teknologi di mobil menjadi lebih canggih. Bahkan beberapa kendaraan sudah disematkan sistem bantuan pengemudi atau driver assistance system. Fitur tersebut memungkinkan pengemudi untuk lebih santai soalnya ia tak perlu berusaha lebih banyak saat membawa mobilnya.

Fitur tersebut seperti adaptive cruise control, automatic emergency braking, sampai lane-keep assist yang menjaga mobil tetap di lajurnya. Namun ternyata, seperti dilansir carscoops, Selasa (19/6/2018), hanya sedikit dari pengemudi mobil yang memanfaatkan fitur itu.



Mengacu pada penelitian McKinsey & Co, diperkirakan 70 persen pembeli mobil sadar tentang sistem bantuan di mobil tersebut. Namun hanya sekitar sepertiga dari konsumen yang benar-benar menggunakannya saat test drive.

Tercatat, alasannya adalah karena beberapa diler lebih peduli tentang menjual mobil daripada meluangkan waktu untuk menjelaskan sistem keselamatan otomatis itu. Alasan lainnya adalah memungkinkannya tempat yang digunakan untuk test drive.



Sedangkan pada makalah yang ditulis oleh Massachusetts Institute of Technology AgeLab menemukan bahwa hanya 35 persen sales advisor yang diwawancarai mampu menjelaskan secara menyeluruh fitur-fitur terkini pada mobil. Hal ini dimungkinkan karena adanya faktor kurang edukasi terkait fitur tingkat tinggi di mobil yang diberikan oleh pihak diler.

Jadi di jalanan bebas, hanya sedikit saja yang benar-benar memanfaatkan seluruh fitur yang ada di mobil. Namun memang, data detilnya belum ada terkait hal ini.

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed