Minggu, 17 Jun 2018 10:55 WIB

SUV Bongsor di Indonesia, Mana Paling Tangguh?

Dina Rayanti - detikOto
Nissan Terra. Foto: Dina Rayanti Nissan Terra. Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Mobil-mobil berjenis SUV kini sedang ngetren di berbagai belahan dunia. Indonesia termasuk di dalamnya. Meski belum bisa mengalahkan popularitas MPV, namun mobil SUV mulai sering kita lihat berseliweran di jalan-jalan Tanah Air.

Tak hanya SUV yang berkuruan menengah saja yang laris di sini. SUV bongsor berkapasitas 7 penumpang pun juga diminati masyarakat Indonesia.

Para produsen mobil pun memiliki model SUV-nya masing-masing. Toyota misalnya memiliki Fortuner, Mitsubishi punya Pajero Sport, Isuzu lewat mu-X, produsen Amerika Chevrolet memiliki Trailblazer, hingga pabrikan yang baru ikutan Nissan lewat Terra.


Nissan terkesan terlambat meluncurkan Terra karena produsen lain sudah mengeluarkan SUV bongsor andalannya beberapa tahun silam.

Mitsubishi Pajero Sport.Mitsubishi Pajero Sport. Foto: Rachman Haryanto

Meski begitu Nissan cukup pede Terra bisa menarik hati para konsumen di Indonesia. Mengusung platform yang sama dengan Navara, Nissan mengklaim Terra sanggup dikendarai di segala medan serta dibekali dengan fitur-fitur canggih.

Namun secara desain, Terra mendapat komentar miring karena terkesan jadul.


Desain lampu depan dan belakang misalnya. Di saat produsen lain seperti Toyota dan Mitsubishi sudah terkesan futuristik dengan desain menyipit, Nissan masih mempertahankan mobil berkesan tangguh dengan lampu depan LED dan halogen.

Desain lampu itu mirip dengan Chevrolet Trailblazer dan juga Isuzu mu-X.

Beralih ke dapur pacunya. Di balik kap mesin Terra, Nissan menyematkan mesin 2.L YD25 DDTI diesel yang bisa menghasilkan tenaga setara 190 daya kuda dan torsi dikawinkan dengan transmisi otomatis 7 percepatan. Ditawarkan pula transmisi manual bagi yang hobi mengendarai mobil manual.

Sementara Trailblazer menggendong mesin 2.5 L Duramax Turbo-Diesel dengan Variable Geometry System (VGT). Dengan begitu Chevrolet diklaim bisa hemat BBM. Terlebih mesinnya sudah compatible dengan bahan bakar solar B20. Trailblazer bisa menghasilkan tenaga hingga 177 daya kuda dan torsi 440 Nm.


Selain itu, Pajero Sport juga menggunakan mesin berkapasitas hampir sama yakni 2.5 L dan tenaganya bisa mencapai 178 daya kuda dikawinkan dengan transmisi 8 percepatan.

Untuk Indonesia, All New Fortuner dipasarkan dengan mesin berkode 2TR Dual VVT-i bensin berkapasitas 2.7 liter, dan mesin 2GD-FTV diesel berkapasitas 2.4 liter. Mesin 2.4 L bisa menghasilkan tenaga setara 147 daya kuda, sementara versi 2.7 L tenaganya mencapai 160 daya kuda.

Toyota Fortuner.Toyota Fortuner. Foto: Rangga Rahadiansyah

Terakhir, mu-X menggendong mesin berkapasitas lebih kecil. Hanya 1.9 L diperkuat dengan transmisi otomatis enam percepatan. Tapi tenaganya cukup besar sekitar 203 daya kuda dan torsi sebesar 350 Nm.


Sayangnya, buat Otolovers yang penasaran akan Terra dan ingin melihatnya lebih dekat, Nissan belum membocorkan kapan akan membawa mobil itu ke Indonesia. Hanya saja memastikan mobil bakalan mengaspal ke Tanah Air.

Nah kalau favorit Otolovers sendiri yang mana? Kira-kira bisakah Nissan bersaing dengan para kompetitornya? Kita tunggu saja ya! (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed