Jumat, 15 Jun 2018 11:17 WIB

Jajaran Mobil Terlaris di Eropa adalah...

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Di Indonesia, mobil keluarga 7-penumpang seperti Avanza, Xenia, Xpander, sampai Confero menjadi paling banyak dicari pencinta otomotif. Bagaimana dengan benua biru?

Bila bergeser ke tanah Eropa, ternyata Mercedes-Benz dan Volkswagen menjadi roda empat yang paling banyak dibeli. Mulai dari mobil MPV atau keluarga, SUV, sampai sedan.

Dilansir dari Paultan menurut JATO Dynamics selaku analisis pasar kendaraan, ada beberapa segmen mobil yang paling laris atau dicari Eropa.


Mulai dari Fiat 500 yang tak lagi dijual di Indonesia mencapai penjualan 71,416 kendaraan tahun kemarin, Volkswagen, Audi, BMW, sampai Mercedes-Benz juga ikut jadi buruan pecinta otomotif. Berikut rangkumannya.

Untuk mobil keluarga atau biasa dikenal dengan sebutan Multiple Purpose Vehicle (MPV), kalau di Indonesia paling laris sekarang adalah Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza di Eropa justru merek mewahnya yang paling laris (untuk ukuran besar) yaitu Mercedes-Benz V-Class dan Seat Alhambra. Roda empat berpintu geser dan berdimensi cukup kotak tersebut sudah laris sekitar 9.000-an unit. Setelahnya, ada Ford S-Max yang menjadi mobil keluarga besar yang laris di Eropa.

Dikelas small MPV, Fiat 500L menjadi mobil terlaris setelah mengalahkan Honda Jazz dengan membukukan penjualan sebanyak 22,011 unit. Sedangkan MPV menengahnya masih dirajai oleh Volkswagen Touran, Renault Scenic, dan Citroen C4 Spacetourer.


Pada mobil tangguh 5-penumpang sampai 7-penumpang atau Sport Utilize Vehicle (SUV), ada tiga kelas yang berbeda yaitu crossover, SUV premium berukuran kecil, dan SUV premium berukuran besar. Di Indonesia, mobil bertipe seperti ini yang paling laris adalah Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V, sampai Lexus RX200. Nah kalau di Eropa, Peugeot 2008, Peugeot 3008, Peugeot 5008, Dacia Duster, Nissan Qashqai, Volkswagen Tiguan, Skoda Kodiaq, dan Nissan X-Trail menjadi paling banyak dicari.

Sedangkan SUV premium berukuran kecil, BMW X1 yang merajainya dengan torehan penjualan sampai 40,239 unit mengalahkan Mercedes-Benz GLA dan Audi Q3 yang tepat ada di bawahnya. Tapi di kelas yang berbeda yakni sedikit lebih atas (berdasarkan harganya), Mercedes-Benz GLC memegang angka penjualan terlaris dengan membukukan 42,815 unit terjual mengalahkan Volvo XC60 dan Audi Q5.

Pada SUV premium berukuran besar masih dirajai oleh Volvo XC90 disusul oleh BMW X5, dan Range Rover Sport.

Persaingan paling seru menurut laporan tersebut adalah pada segmen sedan yang terbagi pada C-class, D-class, executive class, dan luxury class. Kelas tersebut menandakan kecanggihan teknologi, peforma, serta segmentasi pasar mobil tersebut. Untuk C-class, Volkswagen Golf menjadi mobil paling laris dengan penjualan 172,952 unit terjual disusul oleh Skoda Octavia dan Ford Focus.


Untuk D-class, ada Volkswagen passat, Mercedes-Benz C-Class, dan Audi A4 yang harganya kalau di Indonesia sampai miliaran. Sedangkan di kelas executive, Mercedes-Benz E-Class membukukan penjualan terbanyak yang disusul oleh BMW 5 series dan Audi A6. Mobil Jerman merajai segmen sedan di Eropa, hingga pada luxury class pun, mobil besutan Jerman yakni Mercedes-Benz S-Class masih duduk di peringkat pertama.

Terakhir, mobil sport yang paling laris dibeli di Eropa adalah Mazda MX-5, Audi TT, Porsche 718, Ford Mustang, Porsche 911, Mercedes-AMG GT, dan Ferrari 488. Namun masing-masing berdiri sendiri di segmentasi mobil sport berbeda. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed