Selasa, 12 Jun 2018 12:46 WIB

Adu Irit 6 Mobil MPV, Ini Hasilnya, di Atas 11 Km/Liter

Rangga Rahadiansyah - detikOto
6 mobil berjalan beriringan dengan kecepatan maksimal 60/70 km per jam. Foto: Grandyos Zafna 6 mobil berjalan beriringan dengan kecepatan maksimal 60/70 km per jam. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]


Mobil keluarga atau yang sering disebut sebagai multi purpose vehicle (MPV) menjadi jenis mobil yang paling diminati di Indonesia. Mobil di segmen Low MPV seperti Toyota Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander hingga Wuling Confero jadi favorit orang Indonesia.

Banyak orang yang mempertimbangkan mobil Low MPV nyaman untuk membawa anggota keluarga hingga tujuh orang. Tradisi yang sudah mendarah daging di Indonesia di mana orang lebih suka berpergian bersama keluarga, mungkin untuk mudik lebaran juga.



Selain kapasitas penumpang, konsumsi bahan bakar mobil itu juga menjadi salah satu pertimbangan orang dalam membeli mobil. Masing-masing pabrikan mengklaim produknya-lah yang terbaik. Namun, belum afdal rasanya kalau kita sendiri yang membuktikannya.

Hujan sempat mengguyurHujan sempat mengguyur di sirkuit tempat pengetesan BBM mobil. Foto: Grandyos Zafna


Untuk membuktikan seberapa irit mobil Low MPV yang ada di Indonesia, detikOto bersama dengan Otomotif CNNIndonesia menguji enam mobil MPV yang beredar di Indonesia. Keenam mobil itu adalah Toyota Avanza 1.5, Daihatsu Xenia 1.3, Suzuki Ertiga 1.4 (model lama sebelum all new), Mitsubishi Xpander 1.5, Honda Mobilio 1.5 serta Wuling Confero 1.5.

Semua mobil, kecuali Wuling Confero, menggunakan transmisi otomatis. Sementara Wuling Confero, karena dijual hanya dengan transmisi manual, maka kami pisahkan pengujiannya karena tidak fair jika diadu dengan mobil transmisi otomatis.

Wuling ConferoWuling Confero Foto: Grandyos Zafna


Memang sebenarnya seberapa irit sebuah mobil ini tergantung bagaimana gaya berkendara seorang pengemudi. Tapi, kami berusaha maksimal agar pengujian dilakukan seobjektif mungkin.

Kondisi semua mobil dalam keadaan normal tanpa kendala. Tekanan angin disesuaikan dengan rekomendasi pabrikan setiap mobil, jadi tidak ada mobil yang bannya kempis sehingga membuat lajunya menjadi lebih berat.

Adu Irit 6 Mobil MPV, Ini HasilnyaFoto: Grandyos Zafna


Kami mengujinya di lingkungan tertutup, yaitu di Proving Ground Bridgestone di Karawang, Jawa Barat dan jalan raya dengan kondisi yang tidak macet. Metode pengujiannya adalah dengan mengisi bensin sebanyak 1 liter. Jadi, sebelum diuji, bensin yang ada di tangki setiap mobil dikuras habis sampai benar-benar kosong dan mobil tidak bisa dinyalakan. Setelah itu, kami masukkan bensin sebanyak 1 liter dan dijalankan sejauh mana mobil melaju sampai mati total.

Keenam mobil diisi dua orang dengan bobot total (penumpang dan pengemudi) sekitar 150 kg. Kecepatan digeber konstan antara 60-70 km/jam.

Untuk diketahui, sirkuit Proving Ground Bridgestone di Karawang, Jawa Barat, memiliki total jarak 1,9 km. Kami menggunakan sirkuit bagian utama yang memiliki permukaan aspal mulus seperti jalan tol.

Untuk transmisi otomatis Mobilio jadi rajanya di siniUntuk transmisi otomatis Mobilio jadi rajanya di sini Foto: Grandyos Zafna


Kondisi AC pun dalam keadaan menyala dan semua kabin mobil suhunya disamakan, yaitu knob suhu di posisi tengah dan kecepatan kipas (blower) di skala 1. Semua mobil dalam keadaan standar pabrikan, tidak ada modifikasi terutama di bagian mesin.
Tekanan angin ban standarTekanan angin ban standar Foto: Grandyos Zafna

Mana mobil yang paling irit? Berikut hasil rata-rata pengujian konsumsi BBM 6 mobil:

Transmisi otomatis:
- Honda Mobilio 17,05 km per liter
- Mitsubishi Xpander 16 km per liter
- Avanza 12,5 km per liter
- Daihatsu Xenia 11,8 km per liter
- Suzuki Ertiga 11 km per liter

Transmisi manual:

- Wuling Confero 25,4 km per liter (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed