Selasa, 12 Jun 2018 11:50 WIB

Begini Cara Kami Mengetes Konsumsi BBM Avanza dkk

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -
detikoto menguji konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) 6 mobil di kelas Low MPV yakni Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander hingga Wuling Confero.

Pengetesan kali ini agak berbeda dari yang biasanya. Karena mobil benar-benar dikosongkan tangkinya, kemudian diisi dengan 1 liter bensin saja. Karena kami ingin tahu sampai sejauh mana mobil bisa melaju dengan hanya 1 liter saja.


Setelah mur di bawah tangki dibuka, tangki sudah kosong. Namun alangkah kagetnya kami, ternyata di dalam tangki bensin, letaknya persis di bawah fuel pump, ada cekungan di dasar tangki yang bisa memuat bahan bakar sebanyak sekitar 5-6 liter.

Bahan bakar yang tersedia di cekukan tangki, bisa 5 liter lebih!Kiri bahan bakar dari tangki, kanan bahan bakar yang tersisa di cekukan tangki, bisa 5 liter lebih! Foto: M Luthfi Andika


Kami pun menguras lagi tangkinya agar bensin benar-benar hilang dari tangki. Barulah kemudian mobil diisi satu liter bensin menggunakan gelas ukur. Namun ternyata setelah diisi satu liter, mobil belum bisa menyala, menurut teknisi kami, aliran bahan bakar tidak mencukupi untuk sampai ke mesin di depan. Alhasil kami harus mengisi 1 liter lagi ke dalam tangki mobil untuk mengisi fuel pump sebagai syarat saja agar mesin mobil bisa menyala.



Begini Cara Kami Mengetes Konsumsi BBM Avanza dkkFoto: Grandyos Zafna

Karena ini wajib hukumnya 1 liter saja, maka mobil dikendarai lagi selama beberapa km sampai akhirnya mogok total. Setelah mogok, kami kembali memasukkan satu liter ke tangki bensin. Dan baru setelah itu dicatat berapa jarak tempuh dengan 1 liter bensin. Semua mobil diperlakukan seperti ini.

Setelah mogok mobil diisi dengan 1 liter bensin sajaSetelah mogok mobil diisi dengan 1 liter bensin saja Foto: Grandyos Zafna

Masing-masing mobil kemudian diisi dengan 2 orang, pengendara dan penumpang dengan bobot gabungan sekitar 150 kg. Berapa hasilnya? Sabar ya, tunggu sebentar lagi.



Tonton juga 'Uji Irit 1 Liter Mobil MPV':

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed