Selasa, 12 Jun 2018 10:23 WIB

Adu Irit Mobil MPV Avanza, Xpander dkk, Siapa yang Paling Irit?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil-mobil Low MPV Foto: Dadan Kuswaraharja Mobil-mobil Low MPV Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Saat ini pabrikan roda empat banyak yang meramaikan segmen mobil Low MPV. Bahkan, pendatang baru mulai berdatangan di segmen ini.

Kini, di segmen Low MPV konsumen ditawarkan beberapa pilihan. Mulai dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander hingga Wuling Confero.

Mobil-mobil Low MPVMobil-mobil Low MPV Foto: Dadan Kuswaraharja



MPV itu memiliki keunggulan masing-masing. Salah satu indikator orang membeli MPV biasanya karena keiritannya konsumsi bahan bakar minyak (BBM)-nya.

Nah, kali ini detikcom bersama CNNIndonesia bekerja sama mengadakan tantangan adu irit Low MPV. Kegiatan bertajuk 'Uji Irit 1 Liter Mobil MPV' ini diadakan untuk menguji keiritan mobil-mobil low MPV, yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, hingga Mitsubishi Xpander.



"Konsumsi BBM saat ini merupakan salah satu faktor penentu saat orang membeli mobil. Karena itulah kami membuat uji irit ini untuk membuktikan MPV mana yang paling irit. Semoga hasil uji irit ini bisa menuntun Anda untuk menentukan Low MPV mana yang sesuai keinginan," kata Redaktur Pelaksana detikOto Dadan Kuswaraharja.



Tantangan dilakukan di lingkungan tertutup di sirkuit Proving Ground Bridgestone di Karawang, Jawa Barat, dan jalan raya dengan kondisi yang tidak macet.

Sebelum melaju, mobil dikosongkan tangkinya sampai tidak ada lagi bahan bakar tersisa.

Metode pengujiannya adalah dengan mengisi bensin sebanyak 1 liter tiap mobil dan dijalankan sejauh mana mobil bisa melaju sampai mati total.

Mobil-mobil ini diisi 2 orang, penumpang dan pengemudi dengan bobot sama sekitar 150 kg.

Mobil yang digunakan semuanya memiliki transmisi otomatis kecuali Wuling Confero. Tekanan angin ban setiap mobil juga sudah disesuaikan dengan rekomendasi pabrikan mobil.

Kondisi AC pun dalam keadaan menyala dan semua kabin mobil suhunya disamakan, yaitu knob suhu di posisi tengah dan kecepatan kipas (blower) di skala 1. Semua mobil dalam keadaan standar pabrikan, tidak ada modifikasi terutama di bagian mesin.

Laju kendaraan diusahakan tetap konstan di kecepatan 60-70 km per jam. Sementara itu, dalam kesempatan yang sama kami juga menguji keiritan Wuling Confero.

Namun, karena Wuling Confero hanya punya transmisi manual, kami tidak mengadunya secara langsung dengan lima Low MPV lainnya karena tidak fair jika diadu dengan mobil transmisi otomatis.

Jadi, hasil seberapa irit Wuling Confero akan ditayangkan terpisah. Meski begitu, kami menguji Wuling Confero dengan metode, pengemudi, dan kondisi suhu kabin yang sama.

"Dengan kedatangan produk Xpander sebagai pendatang baru, tentu konsumen memiliki rasa penasaran terhadap konsumsi BBM Low MPV itu. Akankah produk yang dikembangkan di Indonesia itu bisa menyaingi Low MPV yang sebelumnya telah hadir?" ujar Editor Otomotif CNNIndonesia, Muhammad Ikhsan. Nah bagaimana hasilnya? Simak terus artikelnya di detikOto.



Tonton juga 'Uji Irit 1 Liter Mobil MPV':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed