ADVERTISEMENT
Kamis, 07 Jun 2018 09:11 WIB

Penjualan Xenia Tetap Stabil Namun Masih Kesalip Sigra

Ruly Kurniawan - detikOto
Daihatsu Xenia Custom. Foto: Ruly Kurniawan Daihatsu Xenia Custom. Foto: Ruly Kurniawan
Tangerang Selatan - Makin ke sini, popularitas mobil keluarga andalan PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Xenia, makin tergerus. Tidak hanya oleh para pesaingnya, bahkan Xenia terus-menerus tersalip oleh Sigra dalam hal penjualan. Lantas bagaimana tanggapan pihak ADM terkait hal ini?

Disebutkan, walaupun tersalip bila melihat data penjualan, Xenia masih stabil. Hal itu dikatakan oleh Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra ketika berbincang dengan wartawan beberapa waktu lalu di kawasan Serpong, Tangerang Selatan. Tetapi ia pun tak bisa menampik bahwa penjualannya masih kalah dari Sigra.

"Xenia masih oke kok, masih stabil dalam hal penjualan. Tiap bulannya ia masih laku 3.000-an unit," kata Amel.

Menurut data penjualan retail (dari diler ke konsumen) ADM di bulan Mei 2018, Xenia mampu terjual sebanyak 3.255 unit. Masih di atas Terios maupun Ayla yang terjual dengan angka 2.000-an. Namun masih kalah oleh Sigra yang bisa menjual 4.622 unit di bulan yang sama.

Di kesempatan itu pula, Marketing and CR Division Head PT Astra International - Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso menuturkan alasannya. Menurutnya, hal itu wajar karena memang Sigra dinilai memiliki harga yang paling terjangkau dibanding produk Daihatsu lainnya sehingga dari awal kemunculan Sigra selalu menorehkan penjualan tinggi.

"Sejak diluncurkan pertama kali memang Sigra langsung sudah menggeser Xenia waktu itu. Lagi pula memang konsumen Daihatsu bersifat price concern dan Daihatsu Sigra ini harganya paling terjangkau. Itu semakin lama sekain kuat memang kontribusinya untuk Daihatsu. Yang dari awal saya ingat sekitar di bawah 20 persen, sekarang sudah 25 persen. Sudah cukup mendominasi passenger car mengalahkan Xenia. Saya rasa wajar karena memang harganya paling terjangkau," kata Hendrayadi.

Tapi, menurut Presiden Direktur ADM yang baru, Tetsuo Miura, Xenia dan Sigra tidak saling makan karena segmen dan karakter konsumennya berbeda. Sehingga bisa dikatakan Xenia masih oke.

Berikut detail penjualan Daihatsu pada bulan Mei 2018 (retail sales):
Sigra: 4.622 unit
Pikap: 3.301 unit
Xenia: 3.255 unit
Terios: 2.618 unit
Ayla: 2.262 unit
Luxio: 402 unit
Sirion: 165 unit
Hi-Max: 22 unit
Lainnya (MB/minibus): 1.414 unit
Total : 18.061 unit. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com