ADVERTISEMENT
Selasa, 05 Jun 2018 12:45 WIB

Toyota: Tunggu, Sebentar Lagi Ada Kejutan dari Sienta

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Sienta (Foto: Rangga Rahadiansyah) Toyota Sienta (Foto: Rangga Rahadiansyah)
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Toyota Sienta di Indonesia tidak semoncer seperti awal peluncurannya dulu. Penjualan Sienta saat ini cenderung menurun. Sepertinya Sienta memang perlu disegarkan lagi desainnya.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, menjelaskan alasannya mengapa penjualan Sienta cenderung menurun. Kata dia, Sienta terlalu segmented di Indonesia.



"Sienta itu konsepnya adalah city car. Kalau city car udah pasti segmented, cuma di kota-kota besar. Bukan seperti konsepnya Rush, Avanza, atau Calya yang bisa di pinggir-pinggir daerah," kata pria yang akrab disapa Suryo itu saat berbincang dengan wartawan, semalam.

Apalagi, konsumen di Indonesia saat ini punya pilihan yang semakin variatif. Misalnya, pasar otomotif Indonesia telah kehadiran pendatang baru seperti Wuling Confero dengan MPV dimensi lebih besar dan harga lebih terjangkau atau Mitsubishi Xpander yang punya desain lebih segar.

"Dengan kata lain kalau kita as a market leader kita maunya menang sendiri terus, kita paksain semuanya, city car yang konsepnya kota besar kita mau paksain (jualan lebih banyak) ya nggak benar juga. Kita mesti tahu kapan kita maju, kapan kita mundur. Sekarang kita mundur bukan berarti kita nyerah, nggak. Kita akan tetap jualan. Jawaban saya, tunggu sebentar lagi ada kejutan dari Sienta," ucap Suryo.

Dari jawaban Suryo, kemungkinan pihaknya juga menyiapkan penyegaran Sienta. Apalagi, dilaporkan sebelumnya Toyota Sienta dengan pembaruan minor akan dilahirkan di Jepang pada Juli mendatang. Penyegaran Sienta generasi kedua yang akan meluncur di Jepang pada Juli nanti mulai dari desain eksterior ataupun interior.

Sienta facelift yang akan meluncur di Jepang itu memiliki pilihan warna baru dan berbagai sistem keamanan terbaik juga bakal diberikan, seperti fitur keselamatan Toyota Safety Sense C Package.

Tidak sampai di situ, sistem keamanan TSS-C bersama dengan Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB) juga akan ikut diberikan.

Soal mesin penggerak, Toyota akan menawarkan 4 pilihan mesin bensin yakni 1NZ-FE 1.5L bensin, 2NR-FE 1.5L bensin, 2NR-FKE 1.5L bensin and 2ZR-FAE 1.8L bensin.

Untuk mesin 1NZ-FE bakal mampu menyemburkan 103 PS dan torsi 132 Nm. Sedangkan mesin 2NR-FE mampu menyemburkan 107 PS dan torsi mencapai 140 Nm. Selanjutnya mesin 2NR-FKE diklaim mampu menyemburkan 109 PS dan torsi 136 Nm, dan untuk mesin 2ZR-FAE bakal mampu menyemburkan 140 PS dan torsi 172 Nm. Dipastikan semua mesin ini akan dikawinkan dengan CVT standar.

Namun untuk pilihan pasar domestik Jepang, Toyota Sienta terbaru ini akan menawarkan pilihan hybrid. Dengan mengkawinkan mesin 1nZ-FXE 1.5 liter (74 PS/111Nm) dengan motor listrik 2LM (61 PS/169 Nm).
Toyota: Tunggu, Sebentar Lagi Ada Kejutan dari SientaFoto: Zaki Alfarabi
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com