Selasa, 05 Jun 2018 09:28 WIB

Daihatsu: China Saingan yang Kuat, Tapi Kami Punya Keuntungan

Ruly Kurniawan - detikOto
Logo Daihatsu Foto: Ari Saputra Logo Daihatsu Foto: Ari Saputra
Tangerang Selatan - Kehadiran dua produsen mobil China Confero dan Cortez dari Wuling Motors dan DFSK Glory 580 dari Sokonindo Automobile membuat produsen otomotif yang sudah lama di Tanah Air khususnya mobil-mobil Jepang membuat strategi tambahan. Hal ini juga dirasa oleh Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terbaru, Tetsuo Miura. Katanya, mobil China ini adalah saingan yang kuat.

Ucapan Miura bukan hanya mengacu dari besaran investasi yang digelontorkan di Indonesia, melainkan juga dari harga mobil yang ditawarkan produsen China itu.

"Mobil dari China menurut saya kuat. Utamanya adalah harga mereka sangat kompetitif. Sangat di bawah rata-rata harga dari mobil Jepang. Sehingga mereka menjadi saingan yang kuat," ucapnya di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Senin (4/6/2018).



Namun Daihatsu masih yakin bahwa strategi yang mereka terapkan sudah sangat baik sehingga kedua produsen dari China tersebut tidak mudah untuk merebut pasar otomotif roda empat. Itulah yang diucapkan Miura tentang counter yang akan diberikan olehnya.

"Kita memiliki keuntungan karena mobil itu tidak hanya produk tapi segala aktivitas penjualan yang kompleks seperti layanan, jalinan hubungan, aftersales service, itu elemen yang sangat penting," paparnya.

"Inilah yang menjadi keuntungan bagi kami karena sudah memiliki sejarah yang baik di negara ini. Standar Astra International pun sangat baik untuk menyerap seluruh aktivitas yang kompleks ini sehingga kita memiliki keuntungan daripada mereka," lanjut Miura.



Lantas dalam hal produk untuk berebut pasar otomotif dengan Wuling dan Sokonindo, adakah upaya baru dari ADM? Terkait hal ini, Miura belum bisa membocorkannya.

"Ditunggu saja. Intinya kami mempersiapkan untuk berkompetisi terus. Mohon maaf, saya tidak bisa bicara banyak tentang produk baru," jawabnya singkat. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed