Jumat, 25 Mei 2018 12:44 WIB

Pajak Sedan Direncanakan Turun, Honda Belum Pelajari Produksi Sedan di RI

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Honda City (Foto: Honda) Honda City (Foto: Honda)
Jakarta - Pemerintah sedang menggodok penurunan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sedan. Diharapkan, dengan adanya penurunan PPnBM sedan ini maka pasar sedan di Indonesia bakal semakin meningkat, sehingga pabrikan akan memproduksi sedan di Indonesia.

PT Honda Prospect Motor (HPM) saat ini memiliki beberapa lini produk sedan. Tapi, belum ada sedan Honda yang diproduksi di Indonesia. Dengan adanya penurunan PPnBM sedan ini, apakah Honda berniat untuk memproduksi sedan di dalam negeri?



"Belum dipelajari. Belum tahu detailnya," jawab Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, di Jakarta.

Sampai saat ini, lanjut Jonfis, dengan kondisi PPnBM sedan yang masih lebih tinggi dibanding minibus atau MPV, pihaknya belum tertarik untuk memproduksi sedan di Indonesia.

"Jadi tergantung apa yang ditawarkan, seperti apa insentifnya dan marketnya. Secara volume untuk benar-benar bisa diproduksi ya kita harus benar-benar pelajari nantinya. Karena itu nggak mudah kan," sebutnya.



Secara kapasitas pabrik, mungkin masih memungkinkan untuk Honda memproduksi sedan di Indonesia. Kalau investasi tambahan diperlukan Honda untuk memproduksi sedan di Tanah Air, Honda bisa saja melakukannya.

"Investasi kalau memang perlu dan diperkirakan market cukup untuk produksi sendiri ya kita produksi. Karena kan mobil ini diproduksi di negara lain. Jadi tinggal kita lihat siapa (negara mana) yang kompetitif untuk produksi," katanya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed