Selasa, 22 Mei 2018 07:04 WIB

Mengintip Mobil-mobil yang Boleh Beredar di Korea Utara

Dina Rayanti - detikOto
Mobil di Korea Utara. Foto: Autotrader.ca Mobil di Korea Utara. Foto: Autotrader.ca
Pyongyang - Memang tak banyak informasi yang bisa didapat kalau kita bicara Korea Utara. Soal mobil misalnya, sedikit informasi yang bisa dikulik dari sana. Meski mengklaim negaranya makmur, namun dari beberapa foto tersebar justru tidak terlihat banyaknya mobil berlalu lalang di sana.

Urusan kepemilikan mobil memang sangat ketat di Korea Utara, tidak semua kalangan bisa memiliki mobil walaupun mereka punya uang banyak serta pembatasan BBM.

Walaupun jarang, bukan berarti tidak ada mobil yang melintas di sana. Berikut deretan mobil yang tertangkap kamera melintas di Korea Utara.

Merek Volvo terbilang salah satu merek luar cukup legendaris di sana. Volvo mengambil bagian untuk berbisnis di sana pada akhir tahun 1960-an. Volvo pernah menjual 1.000 unit model 144 ke negara itu, namun Korea Utara tidak membayarnya.


Selain Volvo, ada juga mobil buatan Rusia UAZ (Ulyanovsky Avtomobilny Zavod) 469 beredar di sana. Mobil ini bagi negara komunis dianggap seperti mobil Jeep buat tentara Amerika.

UAZ 469 pertama kali dikenalkan pada tahun 1971. Mobil sengaja dibuat untuk digunakan tentara dan masyarakat sipil selama beberapa dekade dengan kapasitas 7 penumpang serta mesin empat silinder bertenaga 110 daya kuda. Mobil juga menjadi standar mobil tentara Korut.

Tahun 2007, presiden Korut kala itu Kim jong-il memerintahkan untuk menyita seluruh mobil buatan Jepang yang beredar di Korut. Itu dilakukan karena respon terhadap sanski yang diberikan kapal Korut yang berlabuh di Jepang.


Meski menganggap Negeri Paman Sam Amerika sebagai musuh, tapi mobil merek AS Lincoln hadir di sana. Bahkan Lincoln merupakan kendaraan yang mengantar jenazah Kim Jong-il ke tempat peristirahatan terakhirnya. Kok bisa ya? Dari kaca spion samping tampak mobil dijual di Jepang dan mungkin dikirim dari sana.

Korut sebenarnya memiliki mobil merek lokal 'Pyeonghwa'. Pyeonghwa merupakan buah kerja sama antara pemerintah Korut dengan gereja di Korea Selatan. Pabriknya bisa memproduksi 10.000 unit mobil setahun, tapi hanya ratusan mobil saja yang dibuat disana.

Dilernya saja hanya ada satu berlokasi di kota Pyong yang. Modelnya ada yang meniru mobil merek Korea Selatan Ssangyong (mobil berbasis Mercedes-Benz E Class 1984), ada juga yang me-rebadged Toyota Hi-Ace, dan juga terinspirasi dari merek premium BMW.


Merek Rusia bukan cuma UAZ, ada juga GAZ Volga yang dibuat dari tahun 1956 sampai 2010. GAZ Volga merupakan merek mewah dan digunakan sebagai taksi atau mobil para bos di Rusia.

Buat taksi, perusahaan taksi di Korut juga menggunakan mobil dari luar. Mulai dari merek Chinya BYD F3 yang mirip dengan Toyota Corolla hingga merek Malaysia Proton Wira.

Penduduk di Pyongyang memang tak banyak hanya sekitar 3 juta, namun hanya ada 1.000 taksi beredar di sana.

Berbeda lagi dengan mobil pemerintah. Layaknya negara-negara lain pemerintahnya juga dibekali mobil merek premium. Yang paling banyak ada Audi, tapi merek Mercedes-Benz sudah mendominasi bertahun-tahun. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed