Minggu, 20 Mei 2018 15:30 WIB

Mobil Tiba-tiba Terbakar Seperti di Slipi, Bagaimana Asuransinya?

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota MR2 terbakar di Tol Slipi. Foto: TMC Polda Metro Toyota MR2 terbakar di Tol Slipi. Foto: TMC Polda Metro
Jakarta - Sebuah mobil Toyota MR2 Spyder bernomor polisi F 4 RAH terbakar siang ini di KM 12 Tol Slipi arah Grogol, Jakarta Barat. Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Barat yang telah memadamkan mobil mengatakan bahwa kejadian ini karena ada sumber api yang berasal dari mesin belakang.

Lantas akankah kejadian ini di cover oleh asuransi? Marketing & Communication & PR Manager Garda Oto Laurentius Iwan Pranoto memaparkan bahwa kalau mobil sudah didaftarkan ke asuransi maka pihak asuransi terkait akan melakukan survei terlebih dahulu. Akankah mobil termasuk ke pengecualian atau tidak.


"Pertama harus cek dahulu kondisinya masuk ke pengecualian atau tidak. Kalau tidak, dan mobil sudah dicover asuransi maka akan diganti," katanya saat dihubungi detikOto lewat sambungan telepon, Jakarta, Minggu (20/5/2018).

Pengecualian yang dimaksud adalah berdasarkan peraturan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia Bab 1 Pasal 1 tentang Jaminan Terhadap Kendaraan Bermotor poin 1.4.

Disebutkan, kendaraan akan ditanggung oleh pihak ke 3 (asuransi) bila;

Kerugian dan atau kerusakan pada kendaraan bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan yang secara langsung disebabkan oleh:
1.1 Tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, atau terperosok

1.2 Perbuatan jahat.

1.3 Pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman kekerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 362, 363 ayat (3), (4), (5), dan Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

1.4 Kebakaran termasuk :

1.4.1 Kebakaran akibat kebakaran benda lain yang berdekatan atau tempat penyimpanan Kendaraan Bermotor

1.4.2 Kebakaran akibat sambaran petir

1.4.3 Kerusakan karena air dan atau alat-alat lain yang dipergunakan untuk mencegah atau memadamkan kebakaran

1.4.4 Dimusnahkannya seluruh atau sebagian Kendaraan Bermotor atas perintah pihak yang berwenang dalam upaya pencegahan menjalarnya kebakaran itu.

Kini, pihak terkait sedang menjalani investigasi penyebab kejadian tersebut.

"Kalau tadi saya sedang berbincang dengan pemilik kendaraan sumber api berasal dari mesin belakang," kata Danton Sudin PKP Tamansari, Jakarta Barat, Deden. (ruk/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed