Rabu, 16 Mei 2018 13:09 WIB

Beralih ke Kendaraan Rendah Emisi, Nissan Pensiunkan Mobil Dieselnya

Ruly Kurniawan - detikOto
Nissan Foto: Kevin Hagen for The World Car Awards Nissan Foto: Kevin Hagen for The World Car Awards
Jakarta - Dunia otomotif khususnya mobil di dunia sedang bergeser. Di Eropa sendiri, beberapa model akan dipensiunkan demi menjalankan strategi baru. Salah satunya menciptakan kendaraan rendah emisi (listrik maupun hibrida) terbaik. Hal ini yang dilakukan Nissan di Eropa.



Dilansir Autoevolution, dalam beberapa waktu ke depan pabrikan asal Jepang ini akan memberhentikan produksi semua mobil dieselnya. Tercatat, memang hanya Nissan saja yang belum pensiun untuk memproduksi mobil penumpang bermesin diesel di kawasan Eropa.

Sempat ngotot ingin mempertahankannya, ternyata penurunan tajam pada penjualan mobil Nissan bermesin diesel di Eropa tidak bisa dibiarkan terus-menerus. Tercatat, penurunannya sampai 35% di tiga bulan terakhir.



Sebagai gantinya, Nissan akan membuat lebih banyak mobil hibrida, PHEV, dan EV atau mobil listrik murni.

Tapi, bila melihat rekam jejak Nissan tampaknya hal ini bukanlah masalah mengingat ia sudah menjual secara masif Nissan Leaf dan beberapa model dengan teknologi E-Power. Namun tetap saja, ada beberapa model yang mungkin akan hilang seperti Qashqai maupun hatchback kecil seperti Micra.

Di laporan tersebut tidak tertulis secara detil langkah pasti yang akan Nissan ambil untuk pergeseran dunia otomotif di dunia khususnya Eropa ini. Apakah akan ada crossover EV versi murah untuk menggantikan beberapa model yang dipensiunkan dini itu? Sebagai pengingat, Renault sebagai rekanan Nissan akan mengeluarkan kendaraan hibrida bergaya crossover dan berbasis Kadjar di beberapa tahun kedepan.

Kita nantikan saja ya, Otolovers. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed