Selasa, 15 Mei 2018 21:00 WIB

Berapa Biaya Melapisi Mobil Biar Jadi Benteng Berjalan?

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi mobil antipeluru Foto: Mindra Purnomo Ilustrasi mobil antipeluru Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Mobil dengan lapisan baja anti-peluru maupun ani ledakan tampaknya menjadi pemandangan umum di negara-negara seperti Amerika hingga Brasil. Catatan kriminal yang cukup tinggi membuat warga di negara-negara tersebut memberikan perlindungan ekstra bahkan untuk mobilnya sendiri.

Banyak juga perusahaan aksesori di sana yang menawarkan jasa untuk melapisi mobil agar aman dari berondongan peluru. Memasang proteksi pada mobil memiliki harga bervariasi tergantung dari jenis proteksi yang dipilih serta perusahaan yang mengerjakannya.

Pemasangan proteksi mobil memiliki harga bervariasi mulai dari USD 40.000-100.000. Atau kalau dirupiahkan dengan kurs dolar Rp 14.000 maka proteksi tersebut dibanderol Rp 560 juta hingga Rp 1,4 miliaran.

Jenis proteksinya pun bermacam-macam, mulai dari jendela, tangki bensin, ban, mesin, hingga lantai mobil. Kaca mobil misalnya jika menggunakan pelindung anti-peluru bisa melindungi kita yang berada di dalam mobil.



Jenis peluru yang bisa ditahan pun beragam mulai dari tingkat 2 sampai tingkat 8. Bahkan untuk peluru dari senjata AK47 pun bisa tak tembus kaca jika dilindungi protektor.

Salah satu incaran para pelaku kriminal saat menembaki mobil adalah bagian tangki bensin. Tak hanya tangki saja, protektor anti-peluru juga bisa melapisi keseluruhan bodi panel mobil.

Melapisi ban agar tidak rentan terhadap serangan tembak bisa dibilang yang paling murah daripada komponen lainnya.

Selain itu bagian lain yang juga bisa terlindungi oleh protektor adalah mesin dan lantai mobil. Memasang protektor di lantai mobil kabarnya bisa melindungi dari ledakan bom sekalipun. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed