Sabtu, 28 Apr 2018 08:19 WIB

Masih Suka Main HP Pas Nyetir? Ingat Denda Rp 750 Ribu Menanti!

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi menyetir sambil main HP. Foto: Dadan Kuswaraharja Ilustrasi menyetir sambil main HP. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Otolovers, masih suka ada yang main ponsel saat sedang menyetir? Sebaiknya mulai ubah kebiasaan tersebut ya. Sebenanrnya hal ini bukanlah hal baru. Soal aturan dilarang bermain HP saat sedang berkendara juga sudah beberapa tahun lalu digaungkan.

Bahkan hukuman yang bakalan diberikan pun tak tanggung-tanggung. Selain denda Rp 750 ribu, kurungan penjara tiga bulan pun siap menanti lho!


Hukuman itu bukanlah asal-asalan, melainkan tertulis dalam pasal 106 ayat 1 Undang-undang No.22 Tahun 2009. Menurut pasal tersebut, setiap pengendara bermotor harus berkonsentrasi.

Pelanggaran terhadap pasal tersebut akan diberikan sanksi di pasal 283 yang berisikan ancaman maksimal Rp 750 ribu atau kurungan penjara paling lama tiga bulan.


Pihak kepolisian pun terus mengingatkan akan hal ini. Seperti tertuang dalam postingan akun instagram milik Divisi Humas Polri.

"Stop Berponsel Saat Berkendara," tulis akun @divisihumaspolri, yang dilihat detikOto, Sabtu (28/4/2018).

Bermain HP atau sekadar mengeceknya memang sangat membahayakan. Karena disadari atau tidak, Otolovers harus membagi konsentrasi untuk membalas dan juga menjaga pandangan fokus ke depan.

Bermain HP sambil berkendara sepertinya sudah menjadi pemandangan umum. Terlebih di jalanan ibu kota yang macet. Para pengemudi beralasan saat macet mobil berhenti dan agar tidak bosan maka mereka bermain HP-nya.

[Gambas:Instagram]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya