Kamis, 26 Apr 2018 18:25 WIB

Dolar AS Melonjak, Harga Spare Part Juga Bakal Ikutan Naik

Dina Rayanti - detikOto
Dolar AS Melonjak, Harga Spare Part Juga Bakal Ikutan Naik Foto: Grandyos Zafna Dolar AS Melonjak, Harga Spare Part Juga Bakal Ikutan Naik Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Ada beberapa dampak yang dihasilkan terkait dengan menguatnya nilai tukar dolar AS terhadap rupiah. Harga mobil misalnya. Kalau berlangsung terus-menerus produsen mobil dengan berat hati juga harus turut menaikkan harga mobil.



Tapi yang terkena dampak bukan hanya harga mobil saja. Harga suku cadang pun bakan ikut terkena efek domino dari naiknya dolar AS terhadap rupiah ini.

"Pasti seperti kendaraan. Yang paling terkena pastinya komponen-komponen impor," jelas Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto kepada detikOto, Kamis (26/4/2018).



Itulah kata Soerjo, sapasan akrab Fransiscus Soerjopranoto pentingnya merakit mobil dari komponen buatan dalam negeri karena pastinya tak berdampak terhadap nilai tukar dolar AS yang naik.

"Makanya kita selalu menekankan pentingnya lokalisasi. Misalnya rencana pemerintah untuk EV, ada baiknya memperhatikan lokalisasi," pungkasnya. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed