Rabu, 25 Apr 2018 14:30 WIB

Laporan dari Spanyol

Sewa Mobil Mewah di Eropa, Lebih Murah dari Naik Taksi!

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil BMW X1 sewaan (Foto: Dadan Kuswaraharja) Mobil BMW X1 sewaan (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Palma de Mallorca - Eropa adalah kiblatnya otomotif dunia. Banyak merek besar yang lahir di Benua Biru ini. Dunia otomotif di sana sudah berkembang pesat, tidak hanya soal produk tapi layanannya. Tak terkecuali soal penyewaan mobil.

Saat Anda pertama kali tiba di bandara-bandara Eropa, begitu Anda keluar dari Imigrasi untuk pengecekan paspor dan visa, Anda akan menemui banyak perusahaan rental mobil. Mulai dari Hertz, Europcar, Avis atau Sixt dan beberapa perusahaan rental lainnya. Anda sebenarnya juga bisa memilih rental mobil lewat online sebelum kedatangan di Eropa.



Tarif yang ditawarkan pun cukup murah, namun fasilitasnya tidak terlalu jauh berbeda. Ada yang menawarkan gratis GPS biar Anda tidak nyasar di jalanan Eropa, atau fasilitas modem Wi-FI agar Otolovers tetap eksis di media sosial.

Untuk menyewa kendaraan di Eropa sangat mudah. Yang pasti Otolovers harus menyiapkan dulu beberapa persyaratan yang tidak ribet. Seperti paspor, kartu kredit, dan SIM Internasional dari Korlantas Polri. Otolovers bisa melihat cara membuat SIM Internasional di link di bawah ini:


Mobil mewah yang bisa Otolovers sewaMobil mewah yang bisa Otolovers sewa Foto: Dadan Kuswaraharja


Mobil yang disewa pastinya macam-macam, mulai dari mobil sedan biasa, SUV, atau malah sampai mobil premium atau wah seperti Audi, Mercy, atau BMW. Setelah memilih-milih mobil dan perusahaan rental, kami akhirnya memilih mobil SUV Jerman, BMW X1 dari perusahaan rental Sixt. Perusahaan rental ini ternyata sudah lebih 100 tahun beroperasi. Dari awalnya 3 unit mobil menjadi menggurita seperti sekarang.

Harga sewa BMW X1 dari Sixt termasuk murah meriah. Untuk 24 jam membutuhkan 281 euro, atau sekitar Rp 4,7 juta. "Tidak jauh berbeda dari harga sewa BMW di Indonesia," ujar Ismail Ashlan dari BMW Indonesia yang menemani kami jalan-jalan di Spanyol.

Mobil itu kami bawa berkeliling di Mallorca, Spanyol. Mulai dari menyusuri kota terbesar di sana, Palma de Mallorca, ke Port de Soller dan beberapa tempat lainnya di Mallorca. Kalau harus naik taksi, dalam catatan kami, baru beberapa jam menggunakan taksi sudah menghabiskan sekitar 100-150 euro. Wah jadi kalau mau jalan-jalan jauh di Eropa mending naik mobil sewaan saja ya? Asalkan Anda terbiasa menggunakan mobil bersetir kiri ya.

Mobil sewaan di bandara Mallorca, SpanyolMobil sewaan di bandara Mallorca, Spanyol Foto: Dadan Kuswaraharja


Sebelum mulai membawa mobil, petugas di perusahaan rental akan memberikan Anda beberapa saran mengenai operasional kendaraan, mulai dari cara parkir, mengisi bensin atau soal membayar tol. Otolovers juga bisa menanyakan tempat-tempat menarik yang ingin Otolovers tuju di Eropa.

Yang menarik, sewa mobil ini tidak harus kembali ke tempat semula. Anda bisa mengembalikan mobil ke berbagai lokasi lainnya di Eropa. Misalkan kalau Anda menyewa mobil di Italia, Anda bisa mengembalikannya di tempat rental yang sama di negara lain di Eropa. Jadi sangat memudahkan kalau Anda berangkat dan pergi melalui bandara yang berbeda di Eropa. Mobil bisa diambil di bandara satu kemudian dikembalikan di bandara lainnya. Jangan lupa isi dulu tangki mobil sampai penuh saat Anda mengembalikan kendaraan. Karena kalau tidak Anda biasanya kena biaya tambahan. Petugas akan melihat kondisi BBM di tangki. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed