Tukang Cuci Mobil Mercy Bakal Diajarkan Mencuci Mobil Listrik

Dina Rayanti - detikOto
Senin, 23 Apr 2018 15:09 WIB
Mercedes-Benz Pamer Mobil Listrik EQ di IIMS 2018. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Sebelum menjual mobil listrik, pastinya para pabrikan menyiapkan seluruh layanan purnajual dan diler-dilernya untuk memudahkan para konsumen. Seperti itulah kira-kira yang akan dilakukan produsen mobil asal Jerman, Mercedes-Benz, sebelum akhirnya benar-benar menjual mobil bertenaga listrik di Tanah Air.

Menurut Deputy Director Sales Operation and Product Management, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, ada perlakuan khusus terkait mobil listrik. Terlebih jika bicara perawatan.



"Kalau secara produk kami sebenarnya sudah siap tapi kembali kalau jual harus ada harga. Untuk setting harga kami masih menunggu keputusan pemerintah mengenai skema subsidi untuk kendaraan listrik seperti apa," jelas pria yang akrab disapa Karry itu.

"Kalau nanti diumumkan pemerintah kapan policy itu keluar, kami butuh waktu enam bulan lah bisa langsung melempar itu ke market karena butuh persiapan dari sisi aftersales, teknisinya di-training secara khusus," tambahnya.



Nantinya, kata Karry, konsumen Indonesia yang memiliki mobil listrik bisa membawa mobilnya ke bengkel resmi Mercy, tak perlu bengkel khusus.

"Tetap di showroom kami yang authorized cuma hanya nanti di teknisnya, karena kan ada listrik bertegangan tinggi dan sebagainya, bagaimana treatment-nya. Bahkan nanti tukang cucinya harus diajarin mana yang boleh kena air dan tidak," tutup Karry. (dry/rgr)