Selasa, 03 Apr 2018 17:28 WIB

Buat Esemka Secanggih Mobil Jepang Gampang, Jualnya yang Susah!

Dina Rayanti - detikOto
Buat Esemka Secanggih Mobil Jepang Gampang, Jualnya yang Susah! Foto: Bayu Ardi Isnanto Buat Esemka Secanggih Mobil Jepang Gampang, Jualnya yang Susah! Foto: Bayu Ardi Isnanto
Jakarta - Barang-barang buatan dalam negeri seperti pakaian, sepatu dan beberapa produk lainnya biasanya masih kalah saing dengan produk buatan luar. Hal itu juga yang diakui oleh pengganggas mobil buatan anak bangsa Esemka, Sukiyat.



Sukiyat mengaku cukup banyak mengalami kendala dalam pengembangan mobil yang diharapkan menjadi mobil karya anak bangsa untuk pertama kalinya itu. Bukan soal membuatnya namun saat menjualnya di negeri sendiri.

Esemka harus bisa bersaing dengan merek-merek Jepang yang sudah lama mendominasi penjualan mobil di Tanah Air.



"Kan APM (Agen Pemegang Merek) sudah banyak, kita harus ngambil pasarnya mereka, kalau membuatnya sih gampang," kata Sukiyat saat berbincang dengan detikOto, Selasa (3/4/2018).

"Tapi memasarkan supaya dimanfaatkan masyarakat Indonesia itu yang susah. Indonesia belum punya pabrik yang khusus untuk membuat mesin, dan komponen lainnya," sambungnya lagi.



Kesulitan mengembangkan Esemka itu tak membuat Sukiyat menyerah untuk tetap memproduksi mobil buatan dalam negeri. Dalam waktu dekat, perusahaan milik Sukiyat baru saja digandeng oleh dua anak perusahaan Astra Otoparts dan siap meluncurkan mobil desa yang disebut akan menjadi mobil buatan anak bangsa untuk pertama kalinya ini yaitu KMW (Kiat Mahesa Wintor).



Nantinya kata Sukiyat, anak SMK pun akan diperbantukan bekerja untuk melakukan servis KMW.

"Intinya lkita terus transfer ilmu ke anak-anak SMK, agar anak SMK terus berkarya jadi tidak banyak yang nganggur," pungkasnya. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed