Rabu, 28 Mar 2018 10:09 WIB

Untuk Rangsang Ekspor ke Australia, Toyota Hadirkan Sedan Baru

Ruly Kurniawan - detikOto
Ilustrasi sedan Toyota Vios baru. Foto: Paultan Ilustrasi sedan Toyota Vios baru. Foto: Paultan
Jakarta - Tidak menunggu pertengahan April 2018, tepatnya gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS), PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan mobil baru lagi di segmen sedan. Tidak dijelaskan secara rinci model dan waktu peluncurannya, yang jelas mobil itu adalah salah satu sedan andalan pabrikan Jepang tersebut.

"Kami akan meluncurkan sedan terbaru lebih cepat dari pagelaran IIMS. Karena kami juga melihat kebutuhan konsumen akan mobil di segmen itu. Untuk modelnya saya tidak bisa ucapkan ya," tutur Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto kepada wartawan di Jakarta.



Salah satu alasan dari meluncurkan sedan di waktu yang dini tersebut adalah demi mendukung pemerintah agar dapat mengekspor mobil sedan ke beberapa negara sasaran seperti Australia.

"Kalau kita main di sedan lagi itu karena melihat pemerintah yang cenderung mendorong sedan supaya meningkat dengan pajak regulasi yang diturunkan. Tapi bila ditelaah lagi, endingnya pemerintah itu tidak ke arah domestik market tapi ekspor yakni ke Australia," ujar Soerjo.



"Pak Jokowi juga sudah dua kali ke sana (Australia-Red), dan dia melihat ada peluang industri otomotif yakni sedan. Lagipula sekarang kan Australia tidak ada pabrik mobil, terakhir tutup itu Toyota (jelang akhir tahun 2017 kemarin-Red). Sampai sekarang mereka impor dari Singapura dan Thailand, padahal Indonesia lebih dekat. Itulah alasannya," tutupnya. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com