Selasa, 27 Mar 2018 12:15 WIB

Mobil Desa Jalan di Tempat? Ini kata Menperin

Dina Rayanti - detikOto
Mobil Desa Jalan di Tempat? Ini kata Menperin Foto: Dina Rayanti Mobil Desa Jalan di Tempat? Ini kata Menperin Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Mobil desa sudah dicanangkan sejak beberapa tahun silam. Namun baru-baru ini saja wujudnya dalam bentuk prototype kembali terlihat.



Bahkan ada yang beranggapan program ini jalan di tempat karena sudah lama direncanakan tapi tak kunjung hadir juga.

Mobil Desa Jalan di Tempat? Ini kata MenperinMobil Desa Jalan di Tempat? Ini kata Menperin Foto: Dina Rayanti


"Kembali saya katakan, membuat sampai pada tahap protype berbeda dengan memproduksi," jelas Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di kantor Kemenperin, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Untuk mencapai tahap produksi kata Airlangga memang membutuhkan beberapa proses.



Misalnya saja seperti membentuk entitas usaha, melakukan penyiapan SDM, membuat prototipe produk yang akan diproduksi telah melewati uji teknis, uji laik jalan, endurance test, mempersiapkan standar teknis produk dan standar produksi, mempersiapkan jaringan rantai pasok untuk kebutuhan produksi dan purna jual, menyelenggarakan proses produksi, menjual produk melalui jaringan yang ditetapkan, serta memberikan jaminan purna jual.



Rencananya dalam waktu dekat bakalan ada kendaraan desa yang muncul yakni KMW berkat kerja sama dua anak perusahaan PT Astra Otoparts, PT Velasto Indonesia dan PT Ardendi Jaya Sentosa dengan PT Kiat Inovasi Indonesia. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed