Minggu, 25 Mar 2018 09:45 WIB

Pejabat Malaysia Pakai Mobil Nasional Sebagai Mobil Dinas

Dina Rayanti - detikOto
Para pejabat pemerintah Negeri Jiran Malaysia diwajibkan untuk memakai mobil buatan negaranya sendiri Proton sebagai mobil dinas. Foto: Istimewa Para pejabat pemerintah Negeri Jiran Malaysia diwajibkan untuk memakai mobil buatan negaranya sendiri Proton sebagai mobil dinas. Foto: Istimewa
Kuala Lumpur - Mobil mewah bermerek dan berteknologi canggih biasanya identik dengan mobil-mobil dinas para pejabat pemerintahan suatu negara. Namun, tidak semua para pejabat negara menggunakan mobil-mobil mewah sebagai mobil operasionalnya.

Seperti para pejabat pemerintahan di Negeri Jiran Malaysia yang diharuskan memakai mobil buatan negerinya sendiri sebagai kendaraan operasional. Bahkan Malaysia memiliki kebijakan agar kendaraan operasional para pejabatnya ini memang harus menggunakan mobil buatan dalam negeri.


Merek mobil tersebut adalah Proton. Proton memang harus menyediakan mobilnya untuk digunakan oleh pejabat pemerintah setempat mulai dari perdana menteri hingga anggota kabinetnya.

Hal ini terbilang sulit karena Proton tidak memiliki mobil mewah yang bisa ditawarkan ke jajaran pejabatnya. Proton pernah membuat model Saga dan Wira yang dimelarkan agar mirip dengan mobil-mobil para pejabat dari negara lain.

Hingga akhirnya muncul model Perdana pada tahun 1995 yang me-rebadged model Mitsubishi Eterna. Pilihan me-re-badge Mitsubisi Eterna ini karena model tidak dijual di Malaysia. Sama halnya dengan Saga dan Wira, Perdana tidak banyak dimodifikasi. Itu karena Proton menyadari Perdana tidak terlalu laris di pasaran dan pengembangannya membutuhkan banyak biaya.


Mobil inilah yang akhirnya menjadi kendaraan dinas para pejabat pemerintahan Malaysia hingga saat ini. Kalau melihat bagian dalamnya tidak ada yang spesial seperti pada mobil-mobil presiden beberapa negara. Kemudian pada tahun 2013, Proton kembali mengubah tampilan Perdana.

Ini merupakan generasi ketiga Perdana. tapi rupanya model ini hanyalah sebuah re-badged dari model Honda Accord generasi kedelapan. Tapi model Perdana terbaru ini tidak diperuntukkan bagi masyarakat umum, hanya untuk pejabat kalangan pemerintah saja.

Kini Perdana memiliki dua varian mesin yakni 2.0 L dan 2.4 L Premium dengan berbagai fitur di dalamnya seperti lampu LED depan, lampu belakang LED combi, layar TFT 6,2 inchi, sistem navigasi GPS, ABD, EBD, Isofix, ESC, hingga Dual SRS Airbag.

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed