Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 19 Maret 2018, 17:18 WIB

Inikah Kendala Bisnis Jual Mobil Bekas?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Inikah Kendala Bisnis Jual Mobil Bekas? Inikah Kendala Bisnis Jual Mobil Bekas? Foto: dok detikOto
Jakarta - Setiap usaha pasti punya kendala. Begitu juga usaha jual mobil bekas (mobkas) yang juga punya dua kendala utama, yakni kondisi mobil dan penjualannya.

"Kalau misalkan dari kita itu mobil bekas berarti itu non garansi yang pertama, itu dari kita mesti pinter-pinter deh liat kondisi mobil (sebelum beli)," ujar Marketing JP Auto Bursa, Nicolas Rendy, saat ditemui detikOto, di Bintaro.

Sebab, jika dari awal pihak diler mobil bekas tidak teliti melihat kondisi mobil yang dibeli untuk dijual lagi, tidak ada jaminan kalau mobil tersebut ada cacat.

"Karena kan begitu kita beli mobil ke penjual setelah kita bayar ibarat kita putus gitu kan, apa nanti kita bawa pulang ada yang rusak, cacat atau sebagainya, itu kendalanya. Benar-benar harus jeli deh," papar Rendy.



Kendala selanjutnya adalah kejar setoran. Artinya diler mobil bekas harus cepat-cepat menjual stok mobil yang ada.

Karena, lanjut Rendy menjelaskan, mobil bekas harganya akan terus turun, apa lagi kalau ada model baru. Berbeda dengan pasar mobil baru yang harganya tidak turun.



"Dari segi sales-nya itu harus berpacu dengan waktu, karena kan mobil (bekas) bukan naik, harganya turun, mungkin kalau dia misalkan mobil baru tuh di tahun yang sama dari Januari samapai Desember harganya sama kan, jadi harus buru-buru ngejual karena harga turun," lanjutnya.

(khi/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed