Rabu, 14 Mar 2018 09:08 WIB

Sempat Diasapi Calya, Avanza Kini Disalip Xpander

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota Avanza Foto: Agung Pambudhy Toyota Avanza Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Ada anekdot lucu seputar Avanza yang beredar di dunia otomotif tanah air. Mobil itu susah disalip di jalanan, begitu kita nyalip eh di depannya sudah ada lagi.

Ya itulah penggambaran saking banyaknya mobil Avanza di jalanan Indonesia. Namun akhir-akhir ini dominasi si mobil sejuta umat seakan mulai kendor.

Diawali pada bulan September 2016 lalu, Avanza yang tak pernah kalah sejak 2003 sempat diasapi penjualannya oleh adiknya sendiri Calya, meski kemudian Avanza kemudian membalas dan menjadi raja lagi.

Kini di bulan Februari lalu, Avanza harus tunduk pada pesaing baru Mitsubishi Xpander.



Berdasarkan data distribusi whole sales (dari pabrik ke diler) milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Februari 2018, Xpander tercatat terjual sebanyak 7.400 unit.

Dengan angka tersebut Xpander menggeser Avanza dari posisi puncak yang hanya terjual 6.773 unit. Total selama dua bulan pertama tahun 2018 Avanza terjual 14.316 unit sementara Xpander 14.479 unit.


Data ini memang merupakan penjualan wholesales alias pengiriman mobil ke diler, bukan ritel ke konsumen, tapi biasanya angkanya memang tidak selisih jauh.

Toyota pastinya tidak tinggal diam melihat Avanza disalip pesaingnya. Dari berbagai sumber detikOto di Toyota menyebutkan, Toyota sudah menyiapkan Avanza baru yang tak kalah keren.

Sebenarnya Toyota beberapa kali memperlihatkan beberapa konsep Avanza yang beda untuk mempertahankan minat masyarakat. Toyota memang harus melakukan ini karena tuntutan dari masyarakat untuk Avanza terbaru sangat tinggi.

"Avanza sudah teruji belasan tahun, memang dari segi model sangat familiar dan tidak terlalu futuristik tapi harga sparepart amat sangat terjangkau dan dimana saja rusak bengkel mobil manapun bisa memperbaiki. Lompetiternya dari segi model dan fasilitas memang lebih oke, tapi belum ada jaminan kualitas dan harga sparepart atau after sales servisnya," tutur seorang pembaca detikOto.

"Selama avanza model terakhir masih terjual, kemungkinan Avanza model terbaru akan ditahan. Meskipun sudah ada konsepnya. Jadi Avanza model terakhir dihabisin dulu. keuntungan untuk kompetitor lain untuk menarik hati dari pengguna Avanza lawas. Menarik untuk menunggu gebrakan toyota, untuk menandingi kompetitor lain," ujar yang lain.
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Mobil Korea Lebih Baik dari Mobil Jepang?

    Mobil Korea Lebih Baik dari Mobil Jepang?

    Jumat, 20 Jul 2018 18:23 WIB
    Meski mendominasi di Tanah Air, namun masih ada yang meragukan kualitas mobil Jepang. Bahkan disebut-sebut masih lebih baik mobil Korea daripada mobil Jepang.
  • Yamaha Scorpio Berbaju Scrambler

    Yamaha Scorpio Berbaju Scrambler

    Jumat, 20 Jul 2018 18:01 WIB
    Siapa bilang modifikasi hanya demi kepuasan diri, ini tidak berlaku untuk Prandananta S atau Bagong rider, yang permak abis Yamaha Scorpio 2014 miliknya.