Selasa, 13 Mar 2018 19:08 WIB

Akhirnya Mobil Sejuta Umat Avanza Kesalip Xpander!

Dina Rayanti - detikOto
Avanza Foto: agung pambudhy Avanza Foto: agung pambudhy
Jakarta - Bertahun-tahun menguasai pasar otomotif tanah air, Toyota Avanza harus rela disalip pendatang baru Mitsubishi Xpander. Berdasarkan data distribusi wholesales (dari pabrik ke diler) milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bulan Februari 2018, Xpander tercatat terjual sebanyak 7.400 unit.

Dengan angka tersebut Xpander menggeser Avanza dari posisi puncak yang hanya terjual 6.773 unit. Total selama dua bulan pertama tahun 2018 Avanza terjual 14.316 unit sementara Xpander 14.479 unit.


[Gambas:Video 20detik]



Ini bisa dibilang prestasi sendiri bagi Mitsubishi. Setelah enam bulan meluncurkan MPV pertamanya di Indonesia, bisa menyalip mobil sejuta umat yang laris selama bertahun-tahun.

Head of PR & CSR Departement PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Intan Vidiasari mengatakan penerimaan masyarakat yang sangat baik kepada Xpander membuktikan bahwa model ini dapat memenuhi ekspektasi dan kebutuhan konsumen akan small MPV dan mobil keluarga di Indonesia.



"Saat ini fokus MMKSI sebagai pemegang merek Mitsubishi Motors di Indonesia adalah mempercepat pemenuhan pengiriman unit inden kepada konsumen dan memastikan keseluruhan proses kepemilikan kendaraan akan memberikan pengalaman terbaik kepada konsumen terhadap layanan 3S Mitsubishi," ujar Intan.

Toyota sendiri menanggapi turunnya penjualan Avanza karena bagian dari strategi untuk menjaga keseimbangan antara permintaan dan suplai.

"Daya serap pasar untuk Avanza stabil dan kami optimistis pada Maret ini penjualan akan naik seiring dengan peningkatan suplai ke diler atau wholesale," ungkap Vice President Toyota Astra Motor Henry Tanoto dalam siaran persnya.

Pendatang baru lain yang datang bersamaan dengan Xpander, Wuling Confero juga terlihat tidak terlalu cemerlang. Selama Februari, Wuling hanya berhasil menjual 565 unit Confero.



(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Toyota Merek Mobil Paling Bernilai

    Rabu, 20 Jun 2018 08:19 WIB
    Toyota menduduki peringkat pertama sebagai merek mobil yang paling bernilai. Produsen asal Jepang ini ditaksir memiliki nilai seharga USD 29,9 miliar.
  • Mercy Uji SUV Listrik

    Mercy Uji SUV Listrik

    Rabu, 20 Jun 2018 08:11 WIB
    Mercedes-Benz mulai menjajal performa mobil listrik EQC di jalanan yang cukup ekstrem. Crossover EQC dites di sebuah tempat di Iberia, Spanyol.
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.