Rabu, 07 Mar 2018 11:23 WIB

Harga Jual Nyungsep 30%, Mobkas Avanza dan Xenia Masih Laris di Daerah

Ruly Kurniawan - detikOto
Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua (Foto: Citra Fitri Mardiana) Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua (Foto: Citra Fitri Mardiana)
Jakarta - Efek kedatangan mobil baru seperti Wuling dan Xpander sudah mulai terasa di pasar mobil bekas. Harga jual mobil bekas seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia menurun sampai 30 persen.

Meskipun tidak dipaparkan secara detil, Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih mengatakan kedua produk tersebut khususnya Wuling 'menampar' para pemilik mobil Avanza atau Xenia. Tetapi meskipun harga mobil bekasnya menurun, MPV segajad tersebut masih memiliki pasar tersendiri yakni di daerah.



"Sebenarnya ini tidak mengganggu tingkat transaksi kita (bursa-Red), tapi mengganggu pemilik mobil serupa (MPV) yang lama, yang punya Xenia dan Avanza. Mereka nyungsep itu harganya, tergerus. Harganya turun 20 sampai 30 persen," kata Herjanto kepada wartawan di Jakarta.

"Tapi mobil bekasnya ini masih banyak karena Avanza dan Xenia sudah kadung jadi mobil sejuta umat. Maka di daerah masih bagus, masih banyak yang beli," tambahnya.

Hal tersebut karena sifat orang daerah berbeda. Mereka tidak terlalu memperhatikan kenyamanan kendaraannya. Baginya, yang terpenting adalah nama besar dari merek tersebut.

"Orang-orang daerah itu biasanya mundur dua langkah ke belakang. Bukannya ngejelekin ya, tapi memang seperti itu kenyataannya. Waktu tahun berapa gitu, saya lupa, waktu itu di Sumatera ada konsumen dia tidak mau mobil yang ada power window. Dia mau yang manual gitu. Pun dengan hal ini," kata Herjanto.



"Kalau kita kan maunya nyaman. Apalagi yang bawa mobil Jakarta-Bekasi, sering macet-macetan, ya mending mobil baru seperti Wuling atau Xpander (dibanding mobil bekas Avanza ataupun Xenia). Ini kenyataannya lho, ini dari konsumen yang ngomong," katanya lagi. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed