Sabtu, 03 Mar 2018 09:18 WIB

Ini Alasan Wuling Cortez Matik Pakai Transmisi AMT

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Solo -
Wuling kini punya MPV kelas medium penantang Innova, Wuling Cortez. Cortez versi matik menggunakan transmisi jenis i-AMT (intelligent Automated Mechanical Transmission).
Product Planning Specialist Wuling Motors Indonesia Arief Ramadhi mengatakan, pihaknya menggunakan transmisi jenis itu karena menciptakan sensasi berbeda dalam pengoperasian transmisi. Dengan transmisi jenis itu, pengendara bisa mengoperasikan transmisi secara otomatis atau manual tanpa pedal kopling.
"Biar ada sensasinya, manual bisa matik juga bisa. Karena kalau kita punya matik kadang-kadang mau main manual, masak harus beli baru lagi," kata Arief.
Arief mengatakan, dari komposisi transmisi jenis i-AMT mirip-mirip seperti girboks manual. Hanya, pengoperasian kopling diterapkan dengan sistem komputer, tanpa pedal kopling.

"Cuma di sini di intelligent ini kita ada pengontrolnya. Ada sensornya. Yang mungkin bisa merasa lebih halus ketika perpindahan gigi karena bukan mekanikalnya yang langsung goyang tapi ada sensor dulu. Jadi lebih smooth," kata Arief.
Arief juga mengklaim, transmisi jenis itu lebih efisien dari segi perawatannya. Perawatan transmisi jenis itu mirip seperti transmisi manual.
"Perawatannya lebih minim daripada matik biasa. Mungkin dari fluida nggak pakai," kata Arief.

Infografis Wuling CortezInfografis Wuling Cortez Foto: Fuad Hasim


(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed