Senin, 19 Feb 2018 10:54 WIB

Malaysia Wajibkan APAR di Mobil, Indonesia?

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Alat pemadam di mobil patroli Polda Metro Jaya (Foto: Agung Pambudhy) Alat pemadam di mobil patroli Polda Metro Jaya (Foto: Agung Pambudhy)
Kuala Lumpur - Mobil sering mengalami insiden kebakaran di jalanan. Untuk mengurangi kebakaran, Departemen Perlindungan dan Penyelamatan Terengganu (JBPM) Malaysia menyarankan agar Alat Pemadam Api Ringan (APAR) menjadi aksesori wajib di kendaraan.

Diberitakan Paultan, Direktur Operasi JBPM Khir Amir Ahmad, mengatakan masih banyak yang tidak sadar bahwa alat pemadam kebakaran merupakan fasilitas penting, APAR bisa mencegah api meluas.

"Mereka lebih memilih aksesori mobil yang mahal dibandingkan alat pemadam kebakaran yang harganya hanya RM60 (setara dengan Rp 208 ribu/kg)," katanya.

Menurutnya, saat terjadi kebakaran pada kendaraan karena kecelakaan, korsleting, atau apapun yang bisa menimbulkan kebakaran, alat pemadam bisa efektif memadamkan api.

"Sebelum petugas dengan alat pemadam kebakarannya tiba," ucapnya.

Itu merupakan usulan yang bagus, mengingat di Indonesia sendiri banyak kasus mobil terbakar akibat kecelakaan ataupun faktor lainnya. Bagaiman Otolovers setuju? (khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed