Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 05 Februari 2018, 19:25 WIB

d'Happening detikcom

Begini Cara Teddy Menyesuaikan Menyetir di Daerah Setir Kiri

Dina Rayanti - detikOto
Begini Cara Teddy Menyesuaikan Menyetir di Daerah Setir Kiri Begini Cara Teddy Menyesuaikan Menyetir di Daerah Setir Kiri Foto: Dina Rayanti
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Rasa kagok pasti muncul ketika kita berkendara setir kanan padahal daerah itu semua mobilnya mengusung setir yang berada di sebelah kiri. Mungkin itulah yang dirasakan Teddy Unggul Wicaksono saat mengendarai Toyota Fortuner untuk berkeliling benua Asia dan Eropa selama delapan bulan.

Teddy yang biasa menyetir di sebelah kanan harus langsung beradaptasi dengan setir kiri saat memulai perjalanannya menjelajah 28 negara bersama istrinya Yana Kusryanti.

"Awal iya (kagok), sebenernya yang setir kanan kita lalui cuma Singapur sama Malaysia sisanya setir kiri semua. Jadi kita mulai belajar setir kiri itu di Kamboja berangkat dari pelabuhan," ungkap Teddy kepada detikOto.

"Jadi awalnya kalau jalanan penuh nggak terlalu masalah karena kita tahu ada mobil dari sana yang jadi problem kalau abis isi bensin atau abis berhenti jalanannya kosong kan biasanya kita ada di tengah jalan setir kanan nah itu yang jadi tips. Kalau kita setir kanan nyupir di daerah yang kiri kita si drivenya itu ada di sisi trotoar jadi di pinggirnya, kalau itu kita benar tapi kalau lupa posisi di tengah jalan itu berarti saya salah itu di jalur orang," lanjut Teddy.

Bahkan agar warga setempat maklum karena ia kagok saat menyetir, kaca belakang mobil Teddy ditempeli stiker bertuliskan 'Right Hand Drive'.

"Kebetulan waktu itu ada saudara yang tinggal di eropa jadi mereka menyarankan right hand drive supaya pengemudi yang di belakang nih bisa mengetahui kalau kita agak kagok-kagok jadi untuk atensi lah, excuse kalau kita kagok," tuturnya. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed