Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 05 Februari 2018, 18:31 WIB

d'Happening detikcom

Naik Mobil ke-28 Negara, Yana dan Teddy Hanya Lihat GPS

Dina Rayanti - detikOto
Naik Mobil ke-28 Negara, Yana dan Teddy Hanya Lihat GPS Naik Mobil ke 28 Negara, Yana dan Teddy Hanya Lihat GPS Foto: Dina Rayanti
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]



Pasangan kakek nenek Teddy Unggul Wicaksono dan Yana Kusryanti terbilang nekat. Mereka baru saja kembali usai melakukan perjalanan keliling 28 negara di benua Asia dan Eropa dengan mengendarai mobil.

Ini merupakan kali pertama Yana dan Teddy berpergian dengan jarak puluhan ribu km dengan mobilnya itu. Sepanjang perjalanannya itu mereka hanya mengandalkan GPS untuk sampai ke tempat tujuan.

"Pakai Google Maps, Garmin dan nanya-nanya orang," kata Yana.

Tapi tidak saat mereka berada di China. Yana dan Teddy harus ditemani oleh seorang agne yang menunjukkan jalan disana.

"Di China itu harus pakai agen karena kan kita nggak ngerti ya bahasanya dan mereka juga nggak bisa bahasa Inggris. Jadi ya selama di China dia nemenin kita aja terus," tutur Yana.

Banyak pengalaman unik saat Yana dan Teddy melakukan perjalanan ini terutama saat masuk ke daerah perbatasan. Pelat 'B' yang menempel pada Toyota Fortuner keluaran tahun 2011 ini tentunya menarik perhatian pihak militer setempat.

"Ketika kami keluar dari China, masuk ke Rusia itu saya di setiap negara kan saya beli simcard lokal, saya keluar dari border saya di kota Zabayklasky untuk membeli simcard, ternayat itu kan seperti daerah militer disana, orang asing tidak boleh masuk," ungkap Yana.

"Cuma kami kan tidak tahu saya masuk kita dipanggil tentara diinterogasi tentara selama 5 jam. Jadi sebetulnya lama itu menunggu orang yang bisa bahasa Inggris. Diperiksa sidik jari, ditanya secara rinci, tapi setelah mereka tahu kami traveller biasa mereka kembalikan semua kelengkapan kami," pungkasnya. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed