Senin, 05 Feb 2018 17:25 WIB

Isuzu Fokus ke Mu-X dan D-Max, Bagaimana Nasib Panther?

Ruly Kurniawan - detikOto
Isuzu Panther (Foto: Ruly Kurniawan) Isuzu Panther (Foto: Ruly Kurniawan)
Jakarta - Si raja irit Panther beberapa waktu lalu merupakan jantung dari line up Isuzu. Sekarang Isuzu lebih fokus ke mobil seperti D-Max dan mu-X.

Mengutip data penjualan Gaikindo, Isuzu Panther hanya laku sebanyak 1.147 unit di tahun 2017 padahal di 2016 mampu mencetak 1.311 unit. Lantas bagaimana sebenarnya nasib Isuzu Panther?

"Kita harus akui bahwa Panther itu kan terakhir ada improvement di tahun 2000. Jadi kalau manusia, Panther sekarang sudah orang dewasa, 18 tahun. Tapi sampai hari ini jawaban kita akan nasib Panther masih konsisten. Kita selalu komunikasi ke pihak prinsipal bahwa pasar Panther ini sebenarnya masih besar. Cuman, beberapa tahun terakhir kita ini fokusnya sudah beralih ke mu-X dan D-Max," kata Vice President PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Ernando Demily kepada wartawan di Jakarta, Senin (5/2/2018).

Tidak disebutkan seperti apa kabar Isuzu Panther kedepannya, apakah benar disuntik mati dan digantikan mobil seperti mu-X.

"mu-X ini memang kalau dilihat masih belum banyak berjalan (yang memakainya), tapi untuk kami sebenarnya cukup gembira. Bahwa dari awal kami sadar, kembali masuk ke segmen passenger car tidak gampang karena sudah beberapa tahun terakhir semenjak Panther tidak ada improvement itu kan fokusnya ke commercial vehicle. Jadi kita butuh waktu," ujar Ernando.

"Tapi kalau melihat penorehannya sekarang, kami cukup puas. Retail sales (mu-X) itu sudah sampai 20 persenan. Cukup membanggakan. Semoga ini bisa menjadi obat," tutupnya.

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed