Jumat, 02 Feb 2018 09:04 WIB

Benarkah Ada Pabrik Esemka di Bogor? Yuk Kita Intip

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: M Luthfi Andhika Foto: M Luthfi Andhika
Jakarta - Setelah menyambangi pabrik mobil Esemka di Boyolali, tak lengkap rasanya jika tak mengintip pabrik kedua Esemka yang disebutkan berada di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Benarkah Esemka terparkir di pabrik di sana?



Namun sebelum mengarah ke sana, sebagai catatan kini mobil Esemka sudah berada di bawah payung PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (HERO). Sebelumnya PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (HERO), di Cileungsi Kabupaten Bogor ini memiliki nama PT Global Mandiri Industri yang bertugas merakit dan tempat gudang mobil asal China Geely.

Jadi wajar jika berbagai prediksi mengatakan mobil Esemka ikut terparkir di sana. Rasa penasaran detikOto pun tidak terbendung, untuk mengetahui keberadaan mobil Esemka di sana.

Pabrik PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (HERO), yang berlokasi di Jl. Cimanggung, Setu Sari, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat 16820, bisa dilalui beberapa jalur. Pertama bisa dilalui Jalan Cileungsi Raya melalui jalan Raya Narogong melalui jalan Klapanunggal, menuju Jalan Bojong Klapanunggal, dan akan bertemu jalan Cimanggung tepat River Green Kawasan Industri berdiri di sebelah kanan.

Rute kedua, bisa dilalui dengan melalui jalan Raya Jonggol-Cileungsi menuju jalan Ciuncal, lalu akan bertemu jalan Cimanggung tepat River Green Kawasan Industri. Saat berada di River Green, detikOto cukup takjub mengingat masih banyak rumah penduduk untuk bisa memasuki River Green Kawasan Industri.

Tidak terlalu jauh, hanya beberapa kilometer siapapun akan melihat kawasan industri yang tertutup pagar warna hijau. Saat memasuki kawasan ini, detikOto pun langsung melihat berbagai jenis mobil Geely terparkir di dalamnya.

Benarkah Ada Pabrik Esemka di Bogor? Yuk Kita IntipFoto: M Luthfi Andhika


Berbeda dengan pabrik mobil yang ada di Indonesia, yang padat hiruk pikuk pekerja atau terparkir mobil dengan kondisi yang bersih dan bagus, pabrik ini tidak terlihat seperti sebuah pabrik, melainkan lebih terlihat seperti gudang mobil yang sudah mulai ditinggalkan.

Jelas ini berbeda jika dibandingkan dengan kondisi pabrik mobil Esemka di Boyolali. Pabrik mobil Esemka di Boyolali berlokasi di Desa Demangan, Kecamatan Sambi di jalan yang menghubungkan Sambi dengan Mangu, Desa Ngesrep, Kecamatan Ngemplak, Boyolali. Pabrik tersebut saat ini masih berlangsung pembangunan penambahan gedung.


Pabrik Esemka di BoyolaliPabrik Esemka di Boyolali Foto: Ragil Ajiyanto


Kembali ke pabrik yang di Cileungsi, saat detikOto mencoba masuk dalam wilayah River Green Kawasan Industri, seorang petugas dengan cekatan langsung menghampiri detikOto.

"Selamat siang, ada yang bisa kami bantu," sapa petugas keamanan pabrik PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (HERO).

Security pun akhirnya memperbolehkan detikOto untuk masuk dan berkunjung, dan melihat situasi pabrik dari depan. Sambil menjelaskan apa yang ada di wilayah River Green Kawasan Industri.

"Di sini tidak ada produksi mobil, kami semua hanya menjalankan tugas untuk berjaga di sini. Di sini hanya tempat penyimpanan mobil saja, tidak ada yang produksi," tegas petugas keamanan tersebut.

Di kesempatan yang sama, petugas keamanan PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (HERO) juga menjelaskan, hingga saat ini tidak ada produk baru yang masuk terlebih mobil Esemka yang disimpan di River Green Kawasan Industri.

"Tidak ada mobil baru yang disimpan atau tidak ada mobil baru yang datang. Hanya mobil yang sudah ada sebelumnya," ujarnya.

Wah, terus Esemka ada di mana ya? Sayang pihak perusahaan belum ada yang bisa memberikan komentar. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed